Jeff Bezos Dilaporkan Mundur dari CEO Amazon, Ini Penggantinya

Kinipaham – Pendiri Amazon, Jeff Bezos dikabarkan bakal mundur dari jabatannya sebagai Chief Executive Officer atau CEO untuk menempati posisi barunya menjadi Executive Chairman. Bezos mundur setelah perusahaannya itu meraih rekor laba tertinggi selama tiga kali berturut-turut.

Dilansir dari Antara, publik sempat bertanya-tanya, kira-kira siapa yang hendak menggantikan posisi Jeff Bezos di kursi CEO Amazon. Namun, belakangan satu nama mencuat. Dia adalah Andy Jassy yang saat ini mengepalai Divisi Komputasi Awan Amazon.

Baca juga: Edan! Honda Kembangkan Motor yang Bisa Dikontrol Pakai Pikiran

Jassy sendiri bergabung dengan Amazon pada 1997 lalu, persis setelah lulus dari Harvard Business School. Dia kemudian mendirikan Amazon Web Services (AWS) dan mengembangkannya menjadi platform komputasi awan yang digunakan jutaan orang di seluruh dunia.

Kepala Bagian Transformasi Perusahaan Layanan Media dan Pemasaran Mindshare Worldwide, Tom Johnson, promosi Jassy menggarisbawahi pentingnya layanan web untuk masa depan Amazon.

“Latar belakang Jassy dalam mengarahkan AWS menunjukkan betapa pentingnya layanan tersebut terhadap strategi bisnis Amazon. Menarik untuk melihat bagaimana hal itu memengaruhi strategi mereka dan menyeimbangkan prioritas itu dengan bisnis iklan yang berkembang,” kata Johnson, dikutip Kamis 4 Februari 2021.

Diketahui, Jassy dikenal lantaran memahami detail teknis, dan dia secara perlahan memberikan “pukulan” kepada pemain lama, seperti Oracle dan cloud Microsoft yang tersalip penjualan AWS.

Di bawah kepemimpinan Jassy, ​​bisnis cloud Amazon telah merekrut pelanggan utama, termasuk Verizon, McDonald’s dan Honeywell. Bahkan, hebatnya lagi, pendapatan kuartalan divisi ini secara konsisten naik dua digit, dan membantu memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar.

Copy

Advertise