Adakah Aplikasi NoonGil ‘Samsan Tech’ di Kehidupan Nyata?

Kinipaham – Pada drama Korea atau drakor ‘Startup’, Nam Dosan yang diperankan Nam Joo Hyuk mendatangi rumah sakit untuk mengantar rekannya, Chulsan yang mengalami musibah di ruang kerja Samsan Tech. Namun, di waktu bersamaan, Dosan bertemu nenek Seo Dal Mi yang divonis akan kehilangan penglihatan.

Setelah itu, muncul gagasan di kepala Dosan untuk melahirkan teknologi digital yang memudahkan tunanetra dalam berkegiatan. Dosan dan rekan-rekannya di Samsan Tech akhirnya meluncurkan NoonGil yang menggabungkan kecerdasan buatan (AI) dengan teknologi perintah suara.

Baca juga: Begini Before-After Wajah Personel Blackpink, Oplas atau Tidak?

Jadi, pengguna yang merupakan tunanetra hanya perlu mengarahkan kamera ponsel ke suatu obyek tertentu, kemudian sistem bakal mengenalinya dan menyampaikan nama benda melalui perintah suara. Mengingat fungsinya yang luar biasa, apakah NoonGil benar-benar ada, atau sekadar rekayasa semata?

Faktanya, NoonGil tidak ada di kehidupan nyata. Namun, ada aplikasi lain yang secara fungsi menyerupai teknologi besutan Samsan Tech di serial Startup tersebut. Nama aplikasi itu adalah Aipoly Vision, dan tersedia di Playstore maupun Appstore.

Tangkapan Gambar Aplikasi Aipoly Vision.

Cara kerjanya terbilang mirip, yakni mengawinkan teknologi artificial intelligence dengan perintah suara. Kita hanya perlu mengarahkan kamera ke suatu obyek, kemudian sistem bakal mengenali benda, warna, makanan, hewan, tumbuhan, serta membaca teks. Namun, sayangnya, tingkat akurasinya tak setinggi aplikasi NoonGil.

“Aipoly Vision adalah pengenal objek dan warna yang membantu tunanetra memahami lingkungan sekitar. Cukup arahkan ponsel Anda ke objek yang diinginkan dan tekan tombol pengenalan di bagian bawah layar untuk menyalakan kecerdasan buatan, dan mengungkap apa yang dilihatnya,” bunyi keterangan di aplikasi tersebut yang sekilas mirip dengan cara kerja NoonGil.

Bagi kalian—terutama penggemar Startup yang hendak ‘menghidupkan’ NoonGil di dunia nyata, silakan unduh aplikasinya. Namun, perlu dipahami, selain tingkat akurasinya rendah, untuk membuka seluruh fiturnya, kalian juga harus berlangganan dan membayar sejumlah biaya. (Hane)

Copy

Advertise