Jernih dan Mencerahkan

Perempuan Menstruasi Disarankan Ganti Pembalut 4 Jam Sekali

1,367

Sebagian wanita masih belum tahu kapan waktu yang ideal ganti pembalut saat menstruasi. Padahal, jika keseringan telat, maka bisa memicu infeksi bakteri pada alat reproduksi.

Dokter kandungan dan ginekolog dari Bijnor, India, Sharma mengatakan, perempuan yang menstruasi sebaiknya ganti pembalut setiap tiga atau empat jam sekali.

Baca juga: Pentingnya Tidur Teratur, Bikin Memori Otak Makin Kuat

“Sebagian besar perempuan mengganti pembalut mereka berdasarkan volume darah,” ujar Sharma, dikutip dari Antara, Minggu (12/11).

Ganti pembalut.
Ganti pembalut.

Padahal, kata Sharma, baik volume darah menstruasi sedang tinggi maupun rendah, pembalut harus tetap diganti setiap empat jam. Ia menjelaskan bahwa penggantian pembalut setiap empat jam akan menurunkan risiko infeksi bakteri pada alat reproduksi.

Selain itu, Sharma juga mengatakan bahwa tidak mengganti pembalut setiap empat jam juga dapat memicu permasalahan lainnya pada alat reproduksi, seperti gatal-gatal, keputihan yang berlebih, ruam pada kulit, bahkan infeksi saluran urin.

Selaras dengan Sharma, Marketing Manager Hers Protex Stella Eidelina juga menganjurkan kepada perempuan yang sedang menstruasi untuk mengganti pembalut sebanyak tiga sampai empat jam sekali untuk menjaga kebersihan alat reproduksi.

“Kebanyakan orang hanya ganti saat mandi pagi dan mandi malam, pagi dan sore,” kata Stella di Jakarta, Sabtu.

Lebih jauh, Stella menyarankan, pembalut yang terasa belum penuh sebaiknya juga tetap diganti saat memasuki ‘usia’ empat jam. Sebab, dengan demikian, kesehatan dan kebersihan organ reproduksi bisa lebih terjaga.

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.