Jernih dan Mencerahkan

Kamera iPhone 16 Bakal Balik ke Bentuk iPhone 12

246

Kinipaham – Modul kamera iPhone 16 diyakini akan berubah total dibandingkan iPhone 15. Sebab, menurut rumor yang beredar, bentuknya tak lagi diagonal atau menyilang, melainkan vertikal seperti iPhone 11 dan 12.

Kabar mengenai peralihan modul kamera tersebut disampaikan leakster populer di Twitter, Majin Bu. Dia turut menampilkan gambar modul yang sepintas memang mirip iPhone 11 dan 12.

Baca juga: 80 Persen Smartphone Di Dunia Sudah Fast Charging

“Tampaknya ini adalah modul kamera baru pada iPhone 16, seperti yang kalian lihat, posisi vertikal dikonfirmasi,” tulisnya di Twitter (kini X), sambil mengunggah gambar modul kamera dari suksesor iPhone 15 tersebut, dikutip Minggu (25/2).

Modul kamera iPhone 16. Foto: GSM Arena.
Modul kamera iPhone 16. Foto: GSM Arena.

Rumor mengenai perubahan modul kamera tersebut dikonfimasi kebenarannya oleh MacRumors melalui salah seorang sumber dari industri. Sumber itu menyebut, gambar tersebut merupakan bagian dari sasis proyek kamera Apple dengan kode ‘I-34’ yang merujuk pada iPhone 16.

Susunan kamera vertikal memungkinkan Apple untuk menghadirkan perekaman Spatial Video pada iPhone 16 versi reguler. Untuk diketahui, fitur ini sebelumnya eksklusif tersedia pada iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max.

Melalui fitur ini, pengguna dapat merekam video berformat 3D yang dapat ditampilkan pada perangkat mixed reality Apple Vision Pro. Konten video ini juga tetap bisa ditonton dalam format 2D pada perangkat Apple lainnya, layaknya video biasa.

Baca juga: Hati-Hati Cas HP Di Fasilitas Publik, Rawan Peretasan!

iPhone 16 juga diharapkan mendapatkan tombol Action yang dibawa dari iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, dan akan dilengkapi dengan tombol Capture tambahan dengan teknologi force-sensor, yang terletak di sisi kanannya.

Apple dikabarkan akan meluncurkan iPhone 16 pada September 2024 mendatang. Ponsel generasi tersebut itu akan muncul bersamaan dengan versi lebih tingginya, yakni iPhone 16 Plus, Pro dan Pro Max. Namun, hingga kini belum ada bocoran terkait harganya.

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.