Jangan Ngiler, Segini Gaji Astronaut NASA per Tahun

Kinipaham – Adakah dari kalian yang penasaran mengenai gaji yang diterima astronaut NASA setiap tahunnya? Jika iya, yuk simak artikelnya sampai habis.

Sebagian dari kita mungkin setuju, astronaut merupakan profesi impian yang banyak dikagumi anak-anak di dunia. Sebab, selain bisa menaiki roket dan terbang ke luar angkasa, astronaut juga mendapat upah atau bayaran yang terbilang besar. Bahkan, angkanya bisa sampai miliaran rupiah.

Dikutip dari CNBC, Sabtu 26 Desember 2020, Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA secara terbuka membeberkan gaji tahunan yang diterima para astronautnya. Kabarnya, untuk menentukan besaran nominalnya, mereka mengacu pada The Federal Government General Schedule (GS).

Baca juga: Siapa Sangka, 12 Benda di Sekitar Kita Ini Hasil Pengembangan NASA

GS merupakan skala gaji untuk karyawan federal pada posisi profesional, teknis, dan administratif. Sistem tersebut memiliki 15 tingkatan, mulai dari level terendah, yakni GS-1 dan yang tertinggi GS-15.

GS-3 atau GS-4: biasanya berposisi magang. GS-5 hingga GS-7: sebagian besar posisi entry level. GS-8 hingga GS-12: Posisi level menengah. GS-13 hingga GS-15: posisi pengawasan tingkat atas. Sementara di atasnya ada posisi Senior Executive Service.

Gaji Astronaut NASA

Menurut NASA, astronaut yang berada di level GS-12 mendapat upah tahunan US$65.140 atau sekira Rp911, 96 juta. Sedangkan astronaut yang berkedudukan GS-13 menerima bayaran US$100.701 atau Rp1,41 miliar per tahun.

Seandainya astronaut memiliki pendidikan yang mumpuni dengan pengalaman panjang, maka gajinya bisa lebih besar lagi. Astronaut yang berada di level GS-15 bisa bergaji US$142.000 atau setara Rp2 miliar per tahun.

Patut dicatat, tidak semua orang bisa menjadi astronaut. Selain memiliki fisik yang bugar, mereka harus bergelar sarjana sains, teknik, atau matematika dengan pengalaman menerbangkan jet selama 1.000 jam.

Bukan hanya itu, mereka juga harus memiliki kematangan emosi. Mengingat, pekerjaan tersebut memiliki risiko tinggi dan membuat mereka berjauhan dengan keluarga, teman, atau kekasih yang dicintai. (Hane)

Copy

Advertise