Cara Screenshot di Laptop Toshiba Paling Mudah

Kinipaham – Apakah kamu masih bingung bagaimana cara screenshot di laptop Toshiba? Padahal, mudah sekali, lho! Kamu bahkan tidak perlu menginstal aplikasi tambahan. Yuk, cari tahu caranya di sini.

Fitur screen capture atau biasa disebut screenshot menjadi salah satu yang harus kamu kuasai. Ini bisa membantu dalam segala hal guna menunjang pekerjaan maupun proses belajar.

Mereka yang berkuliah online sering menggunakannya untuk mengambil gambar berisi materi dari dosen atau presenter pada saat presentasi. Setelahnya, baru mereka catat dalam buku atau diketik dalam laptop atau notes HP. 

Cara Screenshot di Laptop Toshiba. Foto: Androneza.
Cara Screenshot di Laptop Toshiba. Foto: Androneza.

Untuk screenshot di HP sangat mudah dilakukan. Kamu cukup menahan tombol samping layar atau hanya perlu mengusap layar tergantung pengaturan di HP. Lalu, bagaimana cara screenshot di laptop Toshiba? Apakah sama dengan laptop lainnya?

Cara Screenshot di Laptop Toshiba

Sebenarnya, cara screenshot di laptop Toshiba sama dengan merek laptop lainnya. Justru, yang perlu diperhatikan adalah versi operating system (OS) dalam laptop tersebut. 

Ada beberapa cara untuk mengambil gambar layar yang bisa kita lakukan. Semuanya bertujuan untuk memudahkan user atau pengguna. Terbukti dari adanya fitur bawaan yang bisa digunakan. Kamu tak perlu mendownload lalu memasang aplikasi tambahan yang memakan memori penyimpanan laptop.

1. Menggunakan Tombol PrtSc + Windows

Cara pertama untuk menangkap tampilan layar laptop adalah dengan menggunakan tombol prtsc + windows. Biasanya, letak tombol prtsc ada di sebelah kanan atas. Kebanyakan laptop bisa menggunakan cara ini. Untuk detail caranya sebagai berikut:

  • Buka bagian atau bidang yang ingin kamu screenshot 
  • Tekan tombol print screen (prtsc) dan tombol windows secara bersamaan
  • Lalu layar laptop akan terlihat lebih gelap selama beberapa saat yang menunjukkan bahwa gambar sudah berhasil diambil
  • Untuk mencari di mana hasil screenshot berada, kamu perlu membuka bagian “file explorer” karena otomatis akan tersimpan di sana. Jika bingung, silakan cari bagian “Pictures” lalu buka folder “Screenshot”.

2. Menggunakan Tombol Print Screen 

Cara screenshot di laptop Toshiba yang kedua cukup gunakan tombol print screen atau prtsc di sebelah kanan atas keyboard tanpa menekan tombol windows.

Berbeda dengan cara yang pertama, hasil screenshot layar tidak otomatis tersimpan dalam folder laptop. Akan tetapi, tersimpan dalam clipboard. Untuk itu kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi Paint. Cara lebih jelasnya:

  • Setelah di screenshot menggunakan tombol prtsc, buka aplikasi Paint
  • Klik ctrl V untuk memasukkan hasil tangkapan layar
  • Edit sesuai selera 
  • Untuk menyimpannya, pilih opsi Save As pada bagian pojok kiri atas layar.

3. Menggunakan Windows + Shift +S

Ada kelebihan jika kamu menggunakan cara ketiga ini. Hasil tangkapan bisa disesuaikan dengan keinginan, bukan satu layar penuh saja. Caranya:

  • Buka bagian yang ingin kamu screenshot
  • Tekan tombol windows + shift + S secara bersamaan. Kemudian layar akan berwarna abu-abu.
  • Silakan seleksi area yang ingin diambil. Klik awal bagian yang ingin di screenshot lalu geser mouse ke area lainnya sampai semua bagian terseleksi. 
  • Sama seperti cara kedua, hasil screenshot tidak otomatis tersimpan dalam folder laptop. Maka, gunakan bantuan aplikasi Paint untuk mem-paste, mengedit, dan menyimpannya dalam memori internal laptop atau PC.  
  • Jika kamu ingin memasukannya dalam lembar Microsoft Word maka tak perlu memakai aplikasi Paint. Langsung saja klik tombol paste atau ctrl V.

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.