Amazon Tutup Layanan Alexa pada Mei 2022

Kinipaham – Setelah beroperasi selama 25 tahun lebih, Amazon akhirnya akan menutup layanan peringkat web global, Alexa.com pada Mei 2022 mendatang. Keputusan tersebut tentu membuat banyak pihak terkejut, terutama para pelaku media online.

Diketahui, peringkat Alexa kerap dijadikan media online sebagai indikator keberhasilan mereka mendulang trafik. Bahkan, tak jarang, pengiklan berpatokan pada data di Alexa sebelum mengguyur iklan ke sejumlah media.

Baca juga: Jangan Ngiler, Segini Gaji Astronaut NASA per Tahun

Alexa.
Alexa.

Melalui keterangan Amazon di laman resminya, Alexa tak akan lagi menyediakan data statistik bulanan di masa yang akan datang.

“Setelah 25 tahun membantu Anda menemukan dan menjangkau audiensi digital Anda, kami membuat keputusan sulit untuk menghentikan Alexa.com,” tulis Amazon dikutip Kinipaham, Kamis 9 Desember 2021.

“Terima kasih telah membuat kami sumber utama Anda untuk penelitian konten, analisis kompetitif, analisis keyword, dan masih banyak lagi,“ tambahnya.

Sebagai rencana awal Amazon tutup Alexa.com, perusahaan tidak akan lagi menerima pelanggan baru. 

Namun, bagi pelanggan yang sudah terdaftar, mereka akan tetap memiliki akses ke data dan tools SEO milik platform Amazon tersebut.

Copy

Advertise

Pantau Artikel Kinipaham di Instagram yuk!

X