Twitter Uji Coba Fitur Edit Button

Kinipaham – Setelah lama dinanti-nantikan, Twitter akhirnya resmi menguji coba fitur edit button di aplikasi. Hal tersebut seakan menjadi jawaban atas keinginan banyak pengguna Twitter di seluruh dunia.

Kabarnya, fitur edit button sementara hanya tersedia untuk pelanggan berbayar yang menggunakan layanan Twitter Blue. Namun, bukan mustahil, ke depannya, fitur baru tersebut bisa digunakan di seluruh platform.

Twitter melalui blog resminya mengatakan, fitur edit button yang dihadirkan oleh tim pengembangnya itu memungkinkan pengguna melakukan perubahan pada cuitan setelah sempat dipublikasikan.

Fitur Edit Button di Twitter
Fitur Edit Button di Twitter

Dalam uji cobanya, disitat dari Antara, Twitter mencoba melakukan peng-edit-an setelah sebuah cuitan terpublikasi 30 menit sebelumnya. Cuitan nantinya bisa diedit untuk memperbaiki kesalahan penulisan, menambahkan tag, dan masih banyak lagi.

“Cuitan yang telah diedit nantinya akan muncul dengan ikon, label, dan juga waktu pengeditan sehingga pengguna lainnya bisa tahu ada cuitan asli yang telah diubah. Ketika pengguna lain memilih label dalam cuitan yang telah diedit, nantinya pengguna lain bisa melihat cuitan asli sebelum diedit. Sebagai konten batas waktu dan jejak cuitan memegang peranan penting di fitur ini,” kata Twitter menjelaskan sistem kerja “Edit Button” itu.

Fitur Edit Button Twitter Masih Terbatas

Twitter Uji Coba Fitur Edit Button

Uji coba saat ini dilakukan pada kelompok yang kecil untuk melihat sejauh apa fungsi dan penggunaannya. Di akhir bulan uji coba akan meluas ke pengguna berbayar atau pengguna Twitter Blue yang mengeluarkan biaya untuk mendapatkan layanan premium.

Uji coba pun dilakukan terbatas pada satu negara meski tidak disebutkan negara yang dimaksud adalah negara mana.

“Kami berharap, dengan tersedianya Edit Tweet, Tweeting akan terasa lebih mudah didekati dan tidak membuat tertekan. Anda harus dapat berpartisipasi dalam percakapan dengan cara yang nyaman bagi Anda,” kata Twitter.