Jernih dan Mencerahkan

Twitter Bakal Punya Centang Emas dan Abu-abu, Apa Artinya?

114

Kinipaham Twitter dalam waktu dekat akan mengenalkan simbol verifikasi baru, yakni centang emas dan abu-abu. Sehingga, media sosial tersebut akan punya tiga centang termasuk biru. Lalu, apa arti kedua centang baru tersebut?

Pemilik baru Twitter, yakni Elon Musk mengatakan, masing-masing warna pada centang tersebut punya makna berbeda. Sehingga, sama seperti centang biru, hanya kalangan tertentu saja yang boleh menggunakannya.

“Centang emas untuk akun-akun perusahaan, centang abu-abu untuk pemerintah, dan centang biru untuk akun-akun milik individu, baik itu pesohor atau bukan,” tulis Elon melalui akun Twitter resminya, dikutip Selasa (29/11/2022).

Centang baru Twitter.
Centang baru Twitter.

Nantinya, status centang akun Twitter berwarna ini bisa didapatkan perusahaan, pemerintah, atau pengguna yang ada di Twitter dengan berlangganan Twitter Blue yang dibanderol US$8 atau sekira Rp 125 ribuan per bulan.

Supaya status centang tidak disalahgunakan, Musk memastikan, proses verifikasi akun pelanggan Twitter Blue akan dilakukan secara manual.

“Proses mendapatkan status centang akan dilakukan secara manual. Melelahkan, tetapi hal itu penting dilakukan,” kata dia.

Baca juga: Mengapa Tidak Ada Fitur ‘Edit Tweet’ di Twitter?

Selain itu, pengguna baru Twitter juga harus menunggu setidaknya 90 hari supaya bisa mendapatkan status centang di akun Twitter mereka. Musk menambahkan, status akun Twitter dengan centang tiga warna, begitu juga program Twitter Blue yang diperbarui, bakal diluncurkan pada 2 Desember 2022 mendatang.

Ilustrasi Twitter. Foto: iStock.

Tidak disebutkan apakah program berlangganan Twitter Blue anyar ini, begitu juga status akun centang tiga warna tadi, bakal berlaku di seluruh dunia atau tidak.

Sebab, program berlangganan yang memiliki benefit akses fitur-fitur premium Twitter ini sebelumnya hanya tersedia di empat negara saja mencakup AS, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

Ruangan komen telah ditutup.