Tips Tetap Cantik saat #DiRumahAja, Cuma Modal Tomat dan Ampas Teh

Kinipaham – Dalam upaya pencegahan Covid-19 makin menyebar luas, pemerintah menganjurkan agar masyarakat beraktivitas di rumah. Dari mulai bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah dari rumah. Memang tak mudah, terutama orang-orang yang biasa berkumpul dengan rekan-rekan dan tiba-tiba harus membatasi diri untuk tidak berdekatan dengan orang lain.

Nyatanya, sederet aktivitas seru bisa dilakukan di rumah. Misalnya marathon film, berolahraga, bermain dengan hewan peliharaan hingga merawat tubuh. Nah, khusus untuk bagian merawat tubuh terutama bagian wajah, kamu bisa nih buat masker wajah dari bahan alami.

Tidak perlu mahal, karena semua bahannya juga bisa kamu dapatkan dengan mudah. Untuk bantu gerakan #dirumahaja, inilah enam rekomendasi masker wajah alami.

Lemon dan Madu

Dilansir dari berbagai sumber, madu bisa menjadi bahan eksfoliasi yang ampuh menangkat sel kulit mati pada wajah. Tidak hanya itu, madu juga bisa menangkal penuaan dini dan mencerahkan wajah. Sedangkan lemon dipercaya bisa mengurangi peradangan pada jerawat dan mencerahkan kuli.

Cara membuatnya: campurkan satu sendok teh madu dengan buah lemon yang sudah diperas. Oleskan secara merata pada wajah, diamkan 15 menit lalu bilas.

Lidah Buaya

Bukan rahasia lagi jika lidah buaya sangat baik untuk kulit wajah. Berbagai produk perawatan kulit dari Korea bahkan menjadikan lidah buaya ini sebagai bahan utama produk mereka. Lidah buaya atau yang bernama latin aloe vera diklaim mampu melembabkan kulit, mempercepat penyembuhan luka, menghaluskan permukaan kulit, mengatasi bibir pecah-pecah hingga mengobati luka bakar.

Cara membuatnya: kupas kulit luarnya, kemudian hancurkan bagian dalam daun lidah buaya. Setelah itu, oleskan pada wajah secara merata, diamkan 10-15 menit dan bilas.

Putih Telur dan Lemon

Putih telur mengandung protein yang bermanfaat bagi kulit. Untuk wajah sendiri, putih telur ketika digunakan sebagai masker memberikan manfaat untuk mengencangkan kulit, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan komedo, mencegah munculnya jerawat dan menyerap kelebihan minyak pada wajah.

Cara membuatnya: pecahkan telur dan ambil bagian yang putih saja. Campurkan dengan perasan air lemon. Aplikasikan tipis-tipis ke kulit wajah, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.

Pepaya

Masker pepaya ternyata memiliki manfaat untuk melembabkan kulit, membantu mengecilkan pori-pori, mencerahkan kulit dan mengatasi jerawat.

Cara membuatnya: lumatkan buah papaya, kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas. Untuk masker papaya, kamu juga bisa menambahkan madu, susu atau yogurt plain untuk hasil yang lebih maksimal.

Tomat

Tomat kaya akan antioksidan dan juga vitamin E. Vitamin E inilah yang membantu meremajakan kulit wajah sehingga mencegah keriput, kusam dan mengencangkan kulit. Serta mampu meningkatkan kolagen yang bisa membuat wajah tampak awet muda.

Cara membuatnya ada dua cara. Pertama, iris buah tomat menjadi beberapa irisan, lalu letakkan pada wajah. Kedua, tumbuh tomat hingga halus, oleskan ke wajah dan diamkan 10-15 menit lalu bilas.

Ampas Teh Basi

Teh mengandung banyak vitamin E sehingga bagus untuk kesehatan kulit, sekalipun sudah basi. Sehingga, teh basi ini bagus banget untuk mencerahkan kulit wajah dan menjaga elastisitasnya. Teh basi juga bisa mengangkat sel kulit mati dan mengurangi flek hitam pada wajah.

Cara menggunakannya: ambil ampas teh yang sudah didiamkan semalaman lalu usapkan ke muka seolah-olah kita sedang mencuci muka. (SFN)

Copy

Advertise