Tips Mudah Hilangkan Komedo, Cuma Modal Telur!

Kinipaham.com – Meski kecil dan hampir tak terlihat, nyatanya keberadaan komedo di wajah bisa mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang. Biasanya, saat komedo mulai muncul, tangan kita mulai jahil mengeluarkannya dengan cara menekan bagian kulit. Padahal, cara demikian tak terlalu disarankan. Sebab, ada cara lain yang lebih aman.

Dikutip dari berbagai sumber, Rabu 18 Desember 2019, Pada dasarnya, komedo terbentuk ketika folikel rambut kita tersumbat. Folikel adalah tempat bertumbuhnya rambut yang juga dikenal sebagai pori-pori. Setiap folikel terdiri dari sehelai rambut serta kelenjar sebasea yang memproduksi sebum.

Campuran sebum, kotoran, serta sel kulit mati dapat menumpuk dan menyumbat pori-pori. Pori-pori tersumbat yang tetap terbuka akan membentuk komedo hitam atau blackhead, sedangkan pori-pori tersumbat yang tertutup akhirnya menghasilkan komedo putih atau whitehead.

Nah, untuk mengatasi masalah pada kulit wajah tersebut, sebenarnya kita hanya memerlukan bahan alamiah yang berada di sekitar kita. Jika rutin mengaplikasikannya pada wajah, dijamin tumpukan komedo di kulit perlahan akan hilang. Lantas, apa saja?

Kunyit

Belum banyak yang tahu, jika kunyit mengandung senyawa antibakteri dan antijamur yang dibutuhkan untuk menyamarkan komedo. Tapi perlu diingat, saat mengaplikasikannya pada wajah, gunakan kunyit secukupnya. Sebab, jika berlebihan, akan memunculkan efek samping, yakni kulit tampak berwarna kuning.

Caranya, campurkan tumbukan kunyit dengan satu sendok air. Kemudian oleskan langsung ke kulit, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air.

Daun Lidah Buaya

Bukan menjadi rahasia umum, jika tumbuhan ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita. Daun lidah buaya segar dipercaya bisa membersihkan pori-pori, melembutkan kulit, serta mengurangi produksi minyak berlebih. Meskipun tidak secara langsung berefek pada komedo, tapi penggunaan daun lidah buaya secara rutin dapat membantu mengatasi penyebabnya.

Caranya, kita hanya perlu menyiapkan daun lidah buaya segar secukupnya. Keluarkan isinya yang berupa gel bening dan oleskan pada kulit wajah. Biarkan selama 10 menit, pijat secara lembut, lalu bersihkan wajah dengan air bersuhu hangat. Lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil optimal.

Putih Telur

Sudah sejak lama kandungan putih telur diyakini menyimpan manfaat bagi kulit, salah satunya mengurangi komedo pada wajah. Selain itu, Putih telur juga dapat mengecilkan pori-pori sehingga tidak mudah tersumbat kotoran.

Cara pengaplikasiannya pun mudah. Cukup campurkan satu butir putih telur dengan satu sendok the madu, kemudian aduk, dan oleskan pada bagian kulit yang berkomedo. Tunggu hingga mongering, dan seka menggunakan air hangat. Meski baik, namun jangan terlalu sering melakukan hal ini. Disarankan, satu hingga dua kali seminggu. (SFN)

Copy

Advertise