Tips Jitu Puasa Seru Meski Cuma #DiRumahAja

Kinipaham – Di bulan Ramadhan seperti saat ini, menjaga pola makan tentu sangat penting. Apalagi, kondisinya berada di tengah pandemi corona, tentu semuanya harus lebih diperhatikan lagi.

Mulai dari membeli bahan makanan, hingga menyantapnya, tak lagi sama seperti bulan Ramadhan pada umumnya. Kita tak bisa lagi bebas pergi ke warung karena larangan social distancing, kita juga tak bisa makan satu meja bersama teman-teman lainnya.

Dilansir dari Forbesmiddleeast, Selasa 12 Mei 2020, meski berat, namun puasa saat #dirumahaja bisa dilalui dengan menyenangkan. Asalkan, segalanya disiapkan matang-matang. Yuk ikuti tips berikut ini.

Baca Juga : Gegara Corona, Ratusan Pilot Banting Stir Jadi Ojol

Buat Daftar Belanjaan yang Ingin Dibeli

Dalam beberapa bulan terakhir, pemerintah memberlakukan aturan mengenai jaga jarak atau social distancing. Tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Sehingga, kita tak bisa sering ke luar rumah untuk membeli makanan atau minuman yang diperlukan.

Selain itu, perhatikan juga apa yang kamu beli. Jangan terlalu banyak membelanjakan uang untuk keperluan tak penting. Di sinilah pentingnya membuat daftar belanjaan, agar kamu tak tersesat dan hilang ‘kesadaran’ saat sudah sampai di lokasi.

Makan Bersama Secara Virtual

Dengan kita mempunyai banyak keluarga, saudara dan teman yang terisolasi selama masa-masa seperti ini, kita harus tetap terhubung walaupun tidak secara langsung. Apalagi momen berbuka puasa sudah menjadi ritual yang seharusnya dilakukan setiap tahun.

Kita bisa menggunakan aplikasi seperti Google Hangout, Teams Microsoft atau Facetime untuk tetap terhubung. Memanfaatkan canggihnya teknologi untuk menjaga momen Ramadhan tetap hidup dengan cara buka bersama atau memasak bersama dengan keluarga, saudara atau teman menjadi cara terbaik untuk menghabiskan waktu yang berkualitas bersama.

Baca Juga : Ilmuwan Inggris Sebut Obat Radang Sendi Bisa Sembuhkan Covid-19

Bekukan Makanan

Karena kondisinya sedang Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, jadi kita bakal jarang pergi ke swalayan. Alternatif terbaik adalah dengan cara stock barang beku, karena proses pembekuan menjaga nutrisi. Pentingnya dengan pembekuan itu, dapat juga mengurangi limbah dengan mendapatkan kesegaran buah dan sayuran agar tidak memburuk.

Karena buah dan sayuran tidak akan selalu tetap dalam tekstur aslinya, mereka dapat digunakan kembali dengan cara smoothie, tumis atau resep lainnya. Pastikan untuk selalu menjauhkan makanan dari pandangan untuk mengurangi godaan dalam memilih makanan tanpa berpikir.

Menghargai Makanan

Luangkan waktu sebentar untuk mengungkapkan rasa terima kasih kamu secara diam-diam atas kesempatan ini untuk menikmati makanan enak di saat-saat seperti ini. Waspadai tekstur, aroma, warna, dan bahkan suara yang dibuat oleh makanan berbeda saat kamu menyiapkannya, dan saat kamu mengunyah makanan, cobalah menghayati semua bahan dan rasa.

Luangkan waktu Anda dan melahap gigitan kecil. Anda mungkin akan terkejut dengan semua kesenangan yang dirilis. Makan perlahan. Dedikasikan minimal lima menit untuk makan dengan sadar sebelum kamu terhubung dengan teman dan keluarga Anda secara virtual dan berbuka puasa dengan sepenuh hati dan semangat.

Copy

Advertise