Temuan Baru: Wikipedia Bisa Pengaruhi Minat Turis dalam Bepergian

Kinipaham – Ahli ekonomi dari Collegio Carlo Alberto di Itali dan Universitas ZEW dari Mannheim di Jerman menemukan hasil unik dari eksperimen yang mereka lakukan untuk mencari tahu apakah ada kaitan antara halaman Wikipedia dengan peningkatan turis ke suatu kota?

Kedua tim peneliti itu menemukan bahwa mengedit halaman Wikipedia tentang sebuah kota bisa meningkatkan pendapatan dari turis yang berkunjung ke kota tersebut sebesar 100 ribu Euro per tahun.

Baca juga: Panas! Orang Asia Tuduh Orang Asing Sebarkan Covid-19

Para peniliti memilih secara acak kota-kota di Spanyol yang akan disunting halaman Wikipedia-nya, dengan menambahkan beberapa paragraf tentang tempat menarik dan sejarah dari kota-kota tersebut. Mereka juga menambahkan sejumlah foto dengan resolusi tinggi ke halaman Wikipedia yang mereka edit.

Peneliti mengaku untuk menyunting halaman tersebut tidak memerlukan ahli sejarah, tetapi mereka hanya menerjamahkan halaman Wikipedia versi Spanyol menjadi bahasa Inggris yang lebih mudah dibaca dan dimengerti banyak orang.

Merubah dan menambahkan beberapa paragraf terbukti meningkatkan turisme di kota tersebut hingga 9% pada musim liburan. Para peneliti mengklaim ada beberapa kasus di mana peningkatan turis melebihi 9%. Bagi kota yang tidak memiliki halaman Wikipedia, para peneliti membuat halaman Wikipedia baru dan menemukan peningkatan turis mencapai tiga kali lipat.

“Bila kita memperlebar eksperimen ini menjadi program industri pariwisata, efeknya akan lebih besar, bisa mencapai jutaan euro” jelas Marit Hinnosaar, Toomas Hinnosaar, Michael Kummer, dan Olga Slivko.

Mereka menyatakan perubahan terlihat dengan jelas dan membuat mereka heran mengapa pihak industri pariwisata dari kota-kota itu  tidak melakukan pengeditan sendiri pada halaman Wikipedia yang membahas tempat wisata kotanya. Halaman Wikipedia di-edit secara sukarela dan bisa dilakukan siapa saja, tetapi efeknya bisa merubah sebuah kota sepi menjadi kota yang dilirik oleh turis.

Tetapi mengedit halaman Wikipedia dengan tujuan keuntungan ekonomi satu pihak dianggap melanggar peraturan oleh Wikipedia. Tim peneliti mendapat kesulitan ketika harus mengedit halaman Wikipedia dengan tujuan meningkatkan turisme tanpa melanggar peraturan tersebut.

Hasil penelitian dari kedua universitas ini bukanlah yang pertama kali meneliti kaitan antara halaman Wikipedia dengan ekonomi, penelitian sebelumnya yang dikutip oleh tim peneliti menyatakan perubahan di halaman Wikipedia berakibat langsung pada dunia nyata.

Copy

Advertise