Tantang PS5, XBOX Series X Meluncur 2020

Kinipaham.com – Belum lama ini, perusahaan teknologi asal Jepang, Sony, mengumumkan akan meluncurkan Playstation 5 pada 2020 mendatang. Kepastian itu disampaikan langsung Executive Vice President of Hardware Engineering and Operation Sony Entertainment, Masayasu Ito yang menyebut konsol generasi terbaru sudah ada di depan mata.

“Oleh karena itu, pemikiran kita adalah bahwa sejauh ini menyangkut platform untuk PS5, kini siklusnya mungkin enam sampai tujuh tahun saja,” ujar Ito, dikutip dari The Verge, Selasa 17 Desember 2019.

Perusahaan yang bermarkas di Tokyo itu juga telah mengumumkan beberapa perubahan total di PS5 terkait spesifikasi, seperti penggantian teknologi rumble yang sudah digunakan Playstation original, menjadi haptic feedback baru. Kemudian penyematan sistem adaptive triggers pada tombol R2 dan L2.

Tak ingin kalah dengan Sony, Microsoft juga memastikan akan meluncurkan XBOX generasi terbaru pada tahun depan. Mengusung nama XBOX Series X, tampilan konsol canggih itu telah dipamerkan melalui video pendek yang diungkap Microsoft di acara Game Awards 2019, Los Angeles, pekan lalu.

Seperti yang telihat pada trailer-nya, konsol Xbox Series X terlihat memiliki desain menyerupai CPU PC, berbentuk kotak persegi panjang dengan tepian sudut yang tegas. Menanggalkan desain khas Xbox selama ini.

Dengan bentuk seperti itu, Xbox Series X dapat diposisikan secara horizontal maupun vertikal. Sebaliknya, kontroler pada konsol ini masih mengadaptasi bentuk yang “khas” layaknya seri Xbox One namun telah dilengkapi fitur tambahan yang moderen.

“Pada kontrolernya, Xbox Series X miliki bentuk dan ukuran yang telah disempurnakan serta dilengkapi dengan tombol “share”, demi mempermudah pengguna dalam melakukan screenshot pada game,” ujar Executive Vice-President of Gaming Microsoft, Phil Spancer.

Kontroler terbaru itu juga bakal kompatibel dengan konsol generasi Xbox sebelumnya, seperti Xbox One, dan bahkan PC Windows 10.
Microsoft juga mengklaim, Xbox Series X merupakan konsol paling responsif berkat adanya teknologi Auto Low Latency Mode dan Dynamic Latency Input yang telah diimplementasikan pada konsol ini. Sedang dapur pacunya hampir mirip dengan PS5 yang mengandalkan chip buatan AMD.

Sayangnya, belum ada kabar mengenai harga jual XBOX generasi terbaru tersebut. Microsoft hanya bisa memastikan, konsol itu akan meluncur pada libur natal 2020, sehingga masih ada waktu untuk menabung bagi kalian yang tak sabar memilikinya. (SFN)

Copy

Advertise