Sudah Banyak Telan Korban, Begini Cara Ampuh ‘Tangkis’ Virus Corona

Kinipaham.com – Hari ini, Kamis 30 Januari 2020, jumlah korban Virus Corona meningkat jadi 170 orang meninggal, dan 7.830 positif terinfeksi. Penyebaran virus mematikan ini sangat cepat, sehingga korban terus bertambah setiap waktunya.

Sempat terjadi kepanikan di Indonesia karena diduga ada kasus yang sudah terinfeksi virus ini dan telah dikonfirmasi Kemenkes bahwa pasien yang diduga terinfeksi corona dinyatakan negatif dan kondisinya sudah mulai membaik.

Baca Juga : Dunia Dilanda Virus Corona, Apa yang Mesti Diketahui?

Menurut berbagai sumber, penyebaran virus ini lebih cepat dibandingkan SARS ataupun MERS. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memberikan saran agar masyarakat mengambil tindakan pencegahan sedini mungkin. Berikut cara mencegahnya:

  1. Bersihkan tangan menggunakan air dan sabun, apabila tidak ada gunakan hand rub yang mengandung alkohol 70-80%.
  2. Tutup hidung dan mulut apabila kamu lagi batuk dan bersin menggunakan tisu atau flexed elbow.
  3. Hindari kontak langsung dengan orang yang dalam keadaan demam atau flu.
  4. Jika kamu memasak daging dan telur harus matang.
  5. Jangan bersentuhan langsung dengan hewan liar atau hewan ternak.

Tujuan WHO memberikan tips di atas, ialah agar kita tetap waspada pada lingkungan sekitar. Selain Jerman, Sri Langka dan Kamboja, ternyata telah dikonfirmasi bahwa negara Uni Emirate Arab (UEA) juga ada satu kasus yang terdeteksi corona.

Baca Juga : Korban Virus Corona Kian Banyak : Kini 106 Orang Meninggal 4.515 Terinfeksi

Dengan penyebaran yang begitu cepat, apabila kamu ingin traveling ke tempat yang lokasinya sudah dikonfirmasi ada kasus tersebut, maka pencegahan yang harus kamu lakukan sebagai berikut :

  1. Jangan Pergi travelling apabila kamu demam dan batuk.
  2. Hindari bersentuhan dengan hewan liar apalagi hewannya kelihatan sakit.
  3. Hindari makanan mentah atau setengah matang.
  4. Hindari meludah di tempat umum
  5. Jika kamu sakit saat travelling, cari bantuan medis dengan cepat dan ceritakan perjalanan kamu kepada penyedia layanan kesehatan setempat.

Nah, untuk menyikapi masalah tersebut, kita memang harus melakukan pencegahan sedini mungkin lantaran virus ini sudah sampai ke negara tetangga kita, Malaysia. Seperti halnya kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Copy

Advertise