Spek Lenovo Thinkpad X240, Laptop i5 Harga Rp3 Jutaan

Kinipaham – Sejak beberapa tahun terakhir, spek Lenovo Thinkpad X240 banyak dicari di internet. Sebab, meski dijual murah, laptop tersebut memiliki fitur dan jantung mekanis yang terbilang lumayan. Lantas, bagaimana spesifikasi lengkapnya?

Dilansir Kinipaham dari laman resmi Lenovo, Senin 28 Februari 2022, Thinkpad X240 merupakan laptop sultan yang saat ini sudah tak diproduksi lagi. Itulah mengapa, unit yang ditawarkan di sejumlah marketplace atau lapak daring hanya produk rekondisi alias bekas pakai.

Baca juga: Gokil, Segini Harga Nokia N70 dan N73 saat Pertama Muncul

Nah, biar tak penasaran, yuk simak spesifikasi lengkap Lenovo Thinkpad X240!

Desain dan Spek Lenovo Thinkpad X240

Secara tampilan, Lenovo Thinkpad X240 memiliki desain yang ramping dan minimalis. Sebab, laptop tersebut memang ditujukan untuk pengguna dengan mobilitas tinggi. Bahkan, bobotnya hanya 1,3 kilogram dengan dimensi 309.9 x 208 x 20 mm.

Spek Lenovo Thinkpad X240. Foto: Kinipaham.
Spek Lenovo Thinkpad X240. Foto: Kinipaham.

Sementara warnanya sendiri dibuat single tune tanpa ornamen berlebihan. Tulisan Lenovo terdapat di sudut kiri atas, sedangkan tulisan Thinkpad tertera di sudut kanan atas. Semuanya nampak sederhana, simpel, namun tetap elegan.

Pada bagian keyboard, laptop tersebut memiliki tuts yang lebih kecil dan rapat sehingga ada ruang yang lebih lega pada bagian touchpad maupun palmrest. Kendati tuts kecil dan rapat, namun Kamu tidak akan terlalu kesulitan menggunakan keyboard untuk mengetik.

Spek Lenovo Thinkpad X240. Foto: Kinipaham.
Spek Lenovo Thinkpad X240. Foto: Kinipaham.

Lenovo Thinkpad X240 dibekali layar IPS LED dengan ukuran 12,5 inch. Sementara resolusinya tidak terlalu spesial, yakni 1.336 x 768 piksel. Meski demikian, laptop tersebut menggunakan tipe layar matte yang disebut-sebut nyaman digunakan di luar ruangan.

Laptop yang biasa digunakan untuk karyawan perkantoran tersebut menggunakan prosesor Intel Core i5-4200U yang merupakan generasi ke 4 dengan kecepatan 1.6 hingga 2.6 GHz. Meski sudah terbilang tua, namun performanya masih terbilang baik.

Pada bagian grafis, pabrikan membekali Lenovo Thinkpad X240 dengan kartu grafis Intel HD Graphics 4400. Kartu grafis tersebut sudah cukup baik untuk menjalankan berbagai aplikasi seputar office dan bisnis.

Lenovo Thinkpad X240. Foto: Kinipaham.
Lenovo Thinkpad X240. Foto: Kinipaham.

Laptop tersebut juga ditanamkan RAM dengan kapasitas 4GB. Pembekalan tersebut sebenarnya sudah cukup untuk menunjang multitasking. Meski demikian, pengguna yang merasa kurang bisa meningkatkannya menjadi 8GB.

Harga Lenovo Thinkpad X240

Saat pertama diluncurkan, yakni pada 2013 lalu, Lenovo Thinkpad X240 merupakan laptop sultan yang hanya mampu dibeli kalangan tertentu. Karuan saja, kala itu banderolnya menyentuh Rp13 jutaan.

Kini, zaman telah berganti. Bahkan, unitnya sudah bisa ditemukan di sejumlah marketplace seperti Shopee atau Tokopedia dengan status rekondisi. Menurut pantauan Kinipaham, sekarang banderolnya berkisar Rp3 jutaan. Murah sekali, bukan? (SFN)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.