Sering Dibenci karena Aromanya, Ini Khasiat Luar Biasa Bawang Putih Bagi Tubuh

Kinipaham.com – Selain dikenal sebagai bumbu masak, bawang putih ternyata juga punya khasiat untuk tubuh. Bukan hanya ketika disajikan dalam bentuk masakan, saat kita memamahnya langsung di mulut, khasiat itu telah terasa.

Khasiat bawang putih memang sudah dikenal sejak lama. Selain itu, bawang putih juga mudah ditemui serta bisa dinikmati kapan saja.

Bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya telah digunakan sebagai obat untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit dan kondisi buruk, seperti masalah jantung dan organ dalam lain.

Termasuk juga tekanan darah tinggi, kolesterol, serta atherosclerosis.

Bawang putih sebenarnya juga efektif dalam memperlambat perkembangan aterosklerosis dan mengurangi tekanan darah. Beberapa orang juga mengonsumsi bawang putih dan percaya bisa mencegah kanker usus besar, kanker rektal, kanker perut, kanker payudara, kanker prostat, dan juga kanker paru-paru.

Baca juga: Biar Paham, Ini Lho Penyebab Orang Suka Aroma Bensin

Sebagai sayuran yang memiliki beragam manfaat, bawang putih menghasilkan zat kimia yang disebut allicin. Nah, zat ini bekerja untuk kondisi tertentu sekaligus membuat bawang putih menjadi bau.

Banyak pihak yang tidak menyukai aroma bawang putih tersebut, lantaran terlalu menyengat. Namun nyatanya, di situlah letak khasiatnya. Bahkan beberapa orang menggunakannya sebagai permen. Pernahkah kamu mendengarnya?

Diketahui bahwa orang China memasukkan bawang putih ke mulut mereka. Bahkan, mereka menghisapnya selama 30 menit.

Hal itu merupakan metode kuno yang biasanya dilakukan pada pagi hari. Ternyata, hasilnya sungguh di luar dugaan. Nutrisi sehat yang berasal dari bawang putih ini masuk ke tubuh melalui air liur dan bisa membersihkan pembuluh darah.

Baca juga: Jangan Salah, Hujan-hujanan Tak Bikin Manusia Terserang Penyakit

Setelah 30 menit, bawang putih itu juga harus dibuang atau dilepehkan, lalu dibersihkan dengan cara berkumur. Jika masih terasa bau, kamu bisa mengunyah kopi ataupun daun seledri.

‘Permen’ bawang putih ini sendiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Seperti membersihkan organ dalam, meningkatkan kesehatan ginjal, membersihkan kulit, menguatkan sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan bronkitis, mengendalikan nafsu makan dan beragam manfaat lainnya.

Bawang putih yang dihisap ini juga bekerja dengan baik melawan batuk kronis dan menghilangkan batu ginjal. Wah, banyak sekali manfaatnya ya! (SFN)

Copy

Advertise