Resep Obat Batuk Herbal yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Kinipaham Resep obat batuk herbal belakangan banyak dicari masyarakat Indonesia di internet. Sebab, semenjak kemunculan Covid-19 varian Omicron, mulai banyak kalangan yang mendadak batuk-batuk dan sakit tenggorokan.

Berbeda dengan obat-obatan yang dijual di toko, obat batuk herbal dirasa lebih aman dan minim efek samping. Bahan-bahannya sendiri bisa ditemukan dengan mudah di warung terdekat.

Baca juga: Ini Dia Cara Penggunaan Lidah Buaya untuk Wajah yang Tepat

Ilustrasi wanita batuk.
Ilustrasi wanita batuk.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr Inggrid Tania, M.Si mengatakan, membuat obat batuk herbal sebenarnya sangat mudah, bahkan siapapun bisa melakukannya.

“Kalau mau buat sendiri, pilih bahan yang segar, ketahui resep, cara membuat, takaran dan cara mengolahnya,” kata dia, dikutip Kinipaham dari Antara, Jumat 25 Februari 2022.

Lebih jauh, dia menyarankan, untuk merebus obat herbal tersebut sebaiknya menggunakan wadah yang terbuat dari stainless steel, gerabah, keramik atau kaca.

Resep obat batuk herbal.
Resep obat batuk herbal.

Biar tak penasaran, berikut resep obat batuk herbal yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah.

1 porsi untuk secangkir minuman herbal

Bahan:

  • Jahe 20-30 gram, iris
  • Kencur 10-30 gram, iris
  • Daun mint 1-3 gram
  • Jeruk nipis satu buah
  • Madu 2-3 sendok teh Air 200 ml

Cara: Rebus air hingga mendidih, masukkan jahe dan kencur yang sudah diiris. Kemudian masukkan daun mint. Rebus selama beberapa menit, maksimal 15-20 menit. Saring air rebusan, tuang ke dalam cangkir. Beri perasan jeruk nipis dan tambah madu. Obat herbal siap diminum.

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.