Pesanan Membludak, Harga PS5 di eBay Tembus Rp372 Juta

Kinipaham – Baru-baru ini, perusahaan teknologi asal Jepang, Sony, mengumumkan tanggal peluncuran Playstation 5 atau PS5, yakni pada November 2020 mendatang. Mereka juga memastikan, PS5 versi standar akan dijual seharga Rp7,3 jutaan. Sementara untuk Digital Edition, dibanderol senilai Rp5,9 jutaan.

Menariknya, beberapa hari setelah pra-pemesanan dibuka, unit PS5 sudah habis terpesan. Sehingga, banyak pihak yang kemudian memanfaatkan momen tersebut untuk menjual PS5 lebih mahal dari harga aslinya.

Baca juga: Belum Meluncur, Penduduk Dunia ‘Sikut-sikutan’ Pesan PS5

Sejumlah penjual (merchants) di eBay marak bermunculan untuk menjual kembali konsol PS5 pre-order atau pra-pemesanan mereka mulai dari US$800 (Rp11 jutaan) hingga US$5.000 (Rp74 jutaan). Bahkan, ada satu penjual di eBay yang berani melelang konsol PS5 pre-order miliknya dengan harga fantastis, yakni tembus Rp372 juta.

Sayangnya, saat ditelusuri kembali, laman penjual PS5 tersebut sudah tak muncul lagi di situs eBay.

eBay bakal menindak penjual

Lebih lanjut, dikutip dari Cnet, eBay memiliki kebijakan tentang barang pra-pemesanan yang didaftarkan di laman tersebut. Dijelaskan, barang-barang itu harus dikirim dalam waktu 30 hari setelah proses pembelian di eBay.

“Tim kami menyadari masalah ini, dan akan segera mengambil tindakan tegas dan sesuai aturan yang ada,” kata juru bicara eBay.

PS5 ramai diburu pemesan

Sebelumnya, toko belanja Walmart membuka pra-pemesanan untuk PS5 pada Kamis malam, 17 September 2020, namun berselang sekian menit, stoknya sudah habis, terutama untuk edisi digital atau digital edition.

Senada dengan Walmart, Amazon pada Jumat, 18 September 2020 mengirim surat elektronik kepada konsumen yang sudah melakukan pra-pemesanan, bahwa konsol tersebut kemungkinan terlambat dikirimkan.

“Kami mengontak Anda perihal pemesanan PlayStation 5, bahwa mungkin Anda tidak menerima barang ini pada hari peluncuran karena permintaan tinggi,” tulis Amazon dalam surat tersebut, disitat dari Antara.

Di Jepang, laman Kotaku.com menuliskan pra-pemesanan PS5 juga habis dalam hitungan menit. Situs online lain di sana memberlakukan sistem undian, konsumen secara acak akan dipilih untuk bisa melakukan pra-pemesanan.

Bukan hanya di Amerika Serikat dan Jepang saja, di Selandia baru, calon konsumen juga harus berebut untuk mendapat kesempatan memesan PS5 lebih awal. Kabarnya, sejumlah toko di sana sudah menutup keran pemesanan, tiga jam sejak pertama dibuka. Gila sekali, bukan?

Copy

Advertise