Jernih dan Mencerahkan

Pengumuman! Susan Wojcicki Mundur dari CEO YouTube

177

KinipahamSusan Wojcicki mundur dari jabatannya sebagai chief executive officer atau CEO YouTube. Dia merupakan salah satu orang yang membangun mesin pencari Google bersama Larry Page dan Segey Brin.

Pengumuman Susan Wujcicki mundur disampaikan di blog resmi YouTube pada Senin (20/2) kemarin. Susan mengaku mundur atas keinginannya sendiri.

“Setelah hampir 25 tahun di sini, saya memutuskan mundur dari peran saya sebagai pimpinan YouTube,” tulis Susan melalui blog resmi tersebut, dikutip Selasa (21/2).

Susan Wojcicki mundur dari Youtube.
Susan Wojcicki mundur dari Youtube.

Setelah mundur dari pucuk pimpinan YouTube, dia akan memulai babak baru yang berfokus pada proyek keluarga, kesehatan, dan pribadi yang dia sukai.

Susan bergabung dengan perusahaan induk YouTube, Google Inc, sejak 25 tahun lalu, ketika mesin pencari Google sedang dibangun Larry Page dan Sergey Brin.

Susan Wojcicki Mundur dari Youtube, Ini Biografinya

Dalam data biografinya yang dipublikasikan di berbagai platform digital, disitat dari Antara, Susan Wojcicki yang bernama lengkap Susan Diane Wojcicki lahir pada 5 Juli 1968 di Santa Clara, California, AS.

Sebelum menjabat CEO, Susan pernah menjadi wakil presiden senior yang bertanggung jawab atas pemasaran di perusahaan induk YouTube, Google Inc. Ayah Susan merupakan seorang profesor fisika di Universitas Stanford dan ibunya adalah seorang guru.

Dia dibesarkan di wilayah Stanford, California, dan kemudian belajar sejarah dan sastra di Harvard University (1990), ekonomi di University of California, Santa Cruz (1993), dan kuliah bisnis di University of California, Los Angeles (1998).

Setelah kembali ke Silicon Valley pada tahun 1998, dia menyewakan ruang garasi di rumahnya di Menlo Park ke Google Inc yang baru didirikan dan saat itu menjadi kantor pusat pertama Google.

Biografi Susan Wojcicki yang mundur dari Youtube.

Setelah Google pindah ke kantor baru yang lebih konvensional, Susan mulai bekerja untuk Google pada 1999. Tugas Susan sebagai manajer pemasaran pertama Google adalah untuk menemukan cara menghasilkan pendapatan dari mesin pencari.

Kesuksesan besar pertamanya datang pada 2000, dengan debut AdWords, iklan hanya teks yang dapat diklik yang muncul di halaman pencarian Google.

Susan juga ikut membangun Google Image Search, memimpin proyek pencarian video dan buku pertama Google, pembuatan AdSense, mengerjakan akuisisi YouTube dan DoubleClick, sebelum menjadi CEO YouTube selama sembilan tahun terakhir.

Susan kini digantikan Neal Mohan, seorang eksekutif bisnis India-Amerika, yang dipercaya menjadi CEO YouTube mulai 16 Februari 2023.

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.