Peneliti: Pasangan yang Berkenalan di Medsos, Pernikahannya Langgeng

Kinipaham – Bukan hanya mencari teman dan saling bertukar komentar, media sosial juga bisa difungsikan untuk mencari pasangan atau jodoh. Sebab, melalui sambungan digital tersebut, seseorang bisa dengan mudah menemukan sosok yang sesuai kriterianya.

Bahkan, menariknya, baru-baru ini ada suatu penelitian yang mengungkap, bahwa hubungan yang dimulai dari media sosial, saat menikah biasanya lebih langgeng dibandingkan dengan mereka yang bertemu di dunia nyata. Lantas, bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Baca juga: Jangan Ketipu, Ini Tips Aman Cari Jodoh di Aplikasi Kencan Online

Disitat dari Brightside, Minggu 4 April 2021, peneliti dari University of Vienna, Philipp Hergovich dan peneliti dari Center for European Economic Research, Josue Ortega berkesimpulan, bahwa internet tidak hanya memberi lebih banyak kestabilan pada hubungan seseorang, melainkan juga lebih banyak keragaman.

Aplikasi Kencan Online. Foto: Reuters

Bukan hanya medsos, pasangan yang bertemu melalui aplikasi kencan online biasanya juga lebih langgeng ketimbang mereka yang bertemu di dunia nyata. Sebab, menurut penelitian tersebut, hubungan romantis saat ini lebih kepada kesamaan minat, ketimbang kesamaan penampilan.

Dan hal tersebut bisa dengan mudah ditemukan dan dipelajari melalui profil seseorang yang tertera di media sosial maupun aplikasi kencan online.

Sebelumnya, penelitian yang dilakukan psikolog John T. Cacioppo dari University of Chicago juga punya hasil yang menarik.

John meneliti data dan kehidupan lebih dari 19 ribu pasangan suami istri dan menyimpulkan bahwa pasangan yang bertemu melalui aplikasi kencan online dan medsos tak hanya puas dengan hubungannya, melainkan juga berisiko lebih kecil untuk bercerai dibandingkan pasangan yang bertemu secara offline.

Bahkan, penelitian tersebut juga mengungkap, banyak pasangan yang berhasil menikah dan hubungannya langgeng berkat perkenalan di dunia maya.

Sejumlah temuan itu tentu seakan-akan mematahkan stereotype bahwa hubungan yang dimulai melalui dunia maya biasanya berakhir kecewa. Sebab, seperti yang telah disebutkan di awal, banyak orang yang menemukan cintanya melalui ruang digital tersebut. (SFN)

Copy

Advertise