Pemerintah Tak Serius Tangani Corona, Tenaga Medis ‘Angkat Tangan’

Kinipaham – Sejak beberapa hari terakhir, tagar #IndonesiaTerserah menjadi salah satu topik yang paling banyak dibicarakan di Twitter. Hal itu muncul sebagai bentuk kekecewaan tenaga medis serta masyarakat umum lainnya terhadap kinerja pemerintah yang dinilai lamban menangani corona.

Hingga hari ini, penambahan kasus positif corona di Tanah Air memang terus bertambah, bahkan angkanya bisa dibilang cukup signifikan. Saat tulisan ini dimuat, Sabtu 16 Mei 2020, sudah ada 16 ribu lebih masyarakat yang terjangkit virus mematikan tersebut, dan seribu di antaranya meninggal dunia.

Sayangnya, kenyataan tersebut tak berbanding lurus dengan kebijakan yang telah pemerintah buat. Sebelumnya, mereka menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di beberapa wilayah penting. Namun kenyataannya, masih banyak terjadi pelanggaran dengan tindakan yang terkesan minim.

Baca juga: Heboh Jual Beli SPPD, E-Commerce Langsung Ambil Tindakan

Selain itu, melalui aturan yang sama, pemerintah juga melarang masyarakat mudik ke kampung halaman. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya, kebijakan tersebut masih kurang matang. Bahkan, banyak pemudik yang berangkat ke kampung halaman diam-diam dan main kucing-kucingan dengan petugas keamanan.

Fakta tersebut kian diperburuk, setelah Kementerian Perhubungan resmi mengumumkan pelonggaran transportasi yang berlaku mulai 7 Mei 2020 lalu. Imbasnya, masyarakat diperbolehkan bepergian ke luar wilayah asalkan memenuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Bukan hanya itu, malahan yang terbaru, pemerintah mengizinkan masyarakat berusia di bawah 45 tahun untuk kembali beraktivitas normal, seperti bekerja atau mengurus keperluan lain yang berkaitan dengan ekonomi.

Hal itulah yang kemudian memicu rasa lelah dari sejumlah kalangan, termasuk tenaga medis. Bahkan belakangan, alih-alih protes dan berusaha mengingatkan, tampaknya tenaga medis justru memilih untuk menyerah dan menggaungkan frasa ‘Indonesia Terserah’ lantaran tak tahu lagi harus bersikap bagaimana.

Dalam tagar tersebut, ada berbagai macam curhatan tenaga medis yang menyatakan ‘angkat tangan’ karena tak seriusnya pemerintah menangani pandemi mematikan tersebut. Padahal, mereka mengaku lelah saat menjalankan tugasnya di ruang perawatan, apalagi harus mengenakan perangkat APD setiap hari yang panasnya bukan main.

Tagar #IndonesiaTerserah pun sempat menjadi trending topic di Twitter setelah dicuitkan sebanyak puluhan ribu kali. Tak sedikit juga yang berharap agar pemerintah dan masyarakat bisa bersinergi untuk memutus rantai penyebaran virus.

Copy

Advertise