Ngeri, WHO Sebut Dampak Corona Bakal Terasa Hingga Puluhan Tahun

Kinipaham – Pandemi corona yang melanda dunia agaknya bakal berdampak panjang bagi kelangsungan hidup manusia. Bahkan, menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, dampak virus tersebut masih terasa hingga puluhan tahun ke depan.

Dilansir dari Antara, Sabtu 1 Agustus 2020, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, kemungkinan tersebut sejatinya sangat masuk akal. Sebab, pandemi seperti corona hanya datang seabad sekali.

“Pandemi ini merupakan krisis kesehatan sekali dalam seabad, yang dampaknya bakal terasa hingga puluhan tahun ke depan,” ujar Tedros pada pertemuan komite darurat WHO.

Hingga saat ini, virus yang pertama muncul di Wuhan, China itu telah menjangkit 17 juta orang di seluruh dunia. Sedang angka kematiannya sudah mencapai 670 ribu lebih. Parahnya, selain kesehatan, corona juga menyerang kondisi ekonomi atau keuangan suatu negara.

Banyak negara yang mulai kelimpungan menghadapi virus tersebut. Sebagian sempat memutar kembali roda ekonomi, namun kemudian menutupnya karena muncul gelombang kedua. WHO sendiri belum bisa memastikan kapan semua ini berakhir. Mereka hanya menyebut,  hingga awal 2021 vaksin kemungkinan belum ditemukan.

“Hasil awal dari riset serologi (antibodi) menunjukkan gambar yang konsisten: sebagian besar orang di dunia masih rentan terhadap virus ini, bahkan di daerah yang pernah menjadi wabah parah sekali pun,” kata Tedros.

“Banyak negara yang awalnya yakin telah melewati masa sulit ini, namun kini sedang bergulat dengan wabah baru. Sejumlah negara yang tidak begitu berdampak, kini menyaksikan lonjakan kasus maupun kematian.” (SFN)

Copy

Advertise