Nikmat Tak Berarti Sehat, Ini Bahaya Terlalu Banyak Minum Kopi

Kinipaham.com – Di zaman sekarang siapa sih yang gak suka minum kopi. Dengan boomingnya Coffee shop yang unik dan menarik dalam penyajian atau tempatnya menjadi daya tarik bagi pengunjung. Ada yang datang ke Coffee shop benar-benar ingin mencoba signature kopi dari kedai tersebut, ingin mengerjakan tugas atau kerjaan karena tempatnya nyaman dan adapun yang hanya ingin foto-foto saja.

Bagi kalian yang memang pecinta kopi, bahkan bisa setiap hari minumnya harus hati-hati. Minum kopi memang nikmat, tetapi jika terlalu sering dapat menyebabkan dampak yang buruk bagi tubuh kalian. Apa saja dampaknya? Yuk kita lihat.

Baca Juga : Jangan Kaget Setir Mobil Ternyata Lebih Kotor dari Kloset

Detak Jantung Lebih Cepat

Menurut dr. Jansen Ongko, MSc, RD, seorang pakar kesehatan dan nutrisi, konsumsi kopi yang berlebihan bisa membuat detak jantung lebih cepat dari biasanya. Ini terjadi pada orang-orang yang memiliki masalah kesehatan jantung.

Cemas

Saat kita bekerja atau mengerjakan tugas, biasanya kita tergoda untuk minum secangkir kopi untuk meningkatkan konsentrasi kita. Tetapi menurut National Institute of Mental Health justru merekomendasikan untuk menghindari kafein. Karena terlalu banyak minum kopi dapat memperburuk efek cemas.

Insomnia

Hampir rata-rata semua orang mengetahui bahwa kandungan kafein dalam kopi menyebabkan gangguan tidur, seperti insomnia. Namun bagi sebagian orang, bukannya menghindari masalah itu, tetapi malah memanfaatkan untuk produktivitas kerja mereka.

Asam Lambung Naik

Jenis kopi juga menentukan rasa yang dihasilkan oleh kopi tersebut. Ada beberapa jenis kopi yang menghasilkan rasa asam itu dapat menyebabkan yang mempunyai riwayat asam lambung bisa menjadi berbahaya.

Senyawa kafein atau katekol yang terkandung pada kopi bisa meningkatkan produksi asam lambung secara signifikan jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini perlu diperhatikan, terutama bagi orang yang memiliki masalah lambung atau maag.

Untuk kalian yang setiap hari pergi ke Coffee Shop untuk menyantap minuman kopi favorit kalian, mulai sekarang harus dikurangi. Memang kopi itu nikmat tetapi ada efek yang timbul apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Copy

Advertise