Jernih dan Mencerahkan

Buku Mulai Laris, Bukti Minat Baca Orang Indonesia Tinggi

114

Kinipaham – Penjualan buku di Indonesia terus mengalami peningkatan selama beberapa tahun terakhir. Kenyataan tersebut seakan membuktikan, minat baca orang Indonesia belakangan mulai membaik.

Pendiri pameran buku internasional Big Bad Wolf atau BBW, Andrew Yap mengatakan, Indonesia merupakan pasar buku paling potensial di Asia. Sebab, meski secara persentase tak terlalu besar, namun secara jumlah pembaca buku di Indonesia banyak.

“Saya rasa karena Indonesia adalah salah satu negara yang berpopulasi besar di dunia. Dan Indonesia adalah negara yang paling berkembang dalam ekonomi. Jadi, semua orang ingin mendapatkan pengetahuan. Dan dari mana kita dapat pengetahuan? Dari buku. Jadi, reaksi di Indonesia adalah luar biasa,” ujar Andrew di Jakarta.

Minat baca orang Indonesia. Foto: Kinipaham.com
Minat baca orang Indonesia. Foto: Kinipaham.com

Ia mengatakan masyarakat Indonesia khususnya kaum muda, mulai banyak yang membaca buku, utamanya buku fiksi seperti “Harry Potter” atau “The Hunger Games” yang penjualannya sangat baik. Itu membuktikan kaum muda masih bergairah membaca buku dan tidak selalu terpaku pada gawainya.

Minat Baca Orang Indonesia Tumbuh

Berkaca dari kenyataan tersebut, Andrew yakin, pengunjung BBW tahun ini akan meningkat. Itulah mengapa, ketersediaan buku seperti fiksi akan ditambah untuk memuaskan para penggemar genre itu di Tanah Air.

Selain buku bertema fiksi, buku tentang bisnis dan kesehatan juga menjadi incaran masyarakat muda untuk menambah pengetahuannya terhadap dunia luar. Tidak hanya kaum muda, Andrew mengatakan tren pembaca anak-anak juga saat ini sedang meningkat.

Terlebih selama perhelatan BBW di Indonesia yang sudah kali ke tujuh, banyak anak-anak yang ikut bertumbuh dengan buku-buku yang dijual di pameran buku impor ini. Itu juga yang menjadi alasan buku kategori anak di BBW menjadi penjualan yang paling baik di antara genre lain.

“Kategori terbesar adalah anak. Karena semua orang ingin anak-anak mereka besar dengan pengetahuan bahasa Inggris yang baik. Jadi buku anak adalah penjualan nomor satu di BBW,” ucap Andrew.

Bazar Buku Internasional BBW sendiri akan berlangsung dari tanggal 26 Mei – 5 Juni 2023 di Hall 3-3A ICE BSD City Tangerang Selatan. Pameran ini gratis untuk semua pengunjung dan dibuka pukul 09.00-24.00 WIB.

Andrew mengaku ingin menjangkau kota lain di Indonesia, salah satunya Papua. Ia mengatakan tidak ingin BBW hanya dikenal di kota-kota besar di pulau Jawa atau Sumatera saja, tapi kota-kota kecil seperti di Papua juga harus terjangkau.

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.