Milenial Wajib Tahu, Ini Pentingnya Tidur Siang untuk Kinerja Otak

Kinipaham – Tidur siang merupakan suatu kegiatan yang sulit dilakukan ketika kamu sudah beranjak dewasa. Berbeda dengan beberapa negara lain, di Indonesia belum terlihat ada instansi kerja atau pendidikan yang memberlakukan ‘jam tidur siang’ saat memasuki waktu istirahat. Padahal, jika ada, hal itu tentu menjadi kebiasaan baik.

Biasanya, tidur siang yang baik dilakukan pada pukul 13.00 – 15.00. Stigma tidur siang dalam masyarakat masih dipandang buruk seperti malas atau kurang antusias dalam bekerja, padahal tidur siang dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Apa saja sih manfaat tidur siang? Yuk, kita bahas!

Baca Juga : Corona Bisa Tersebar Melalui Paket Barang, Mitos atau Fakta?

Relaksasi

Tekanan yang didapatkan ketika tengah bekerja atau belajar dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh seperti stress. Cara termudah untuk mengatasi hal tersebut dengan mudah adalah dengan tidur siang karena membuat kamu jadi lebih rileks.

Selain itu, apabila kamu sedang emosi terhadap seseorang, tidur siang membantu kamu kurangi tingkat emosi yang ada didirimu. Bukan cuma itu saja, ketika kamu bangun tubuh kamu akan merasa lebih fresh serta pikiran jadi lebih segar.

Meningkatkan Daya Ingat

Sebuah studi baru-baru mengklaim bahwa tidur siang memiliki dampak signifikan pada memori. Penelitian dilakukan dengan membandingkan situasi mereka yang tidur siang dan tidak. Hasilnya, mereka yang tidur siang tampaknya memiliki daya kognitif serta cakupan  memori  lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Memperbaiki Mood

Apabila kamu sedang merasa down, cobalah untuk melakukan tidur siang. Ketika kamu tidur siang, pikiran kamu yang negatif, stress, depresi itu dapat dialihkan oleh zat serotonin. Serotonin adalah zat yang bertanggung jawab mengontrol mood, hasrat tidur, serta nafsu makan. Kamu dapat merasa senang serta tenang bila sudah melaksanakan seluruh aktivitas tersebut.

Baca Juga : Enak Belum Tentu Sehat, Ini Bahaya Terlalu Banyak Minum Boba

Meningkatkan Konsentrasi

Mereka yang bekerja di kantoran biasanya sehabis makan siang mengalami penurunan konsentrasi. Memiliki kandungan cukup banyak lemak akan membuat kamu terasa cepat lelah serta mengantuk.

Bila dilewatkan, hal semacam ini malah merugikan lantaran bakal kurangi produktivitas kerja. Solusi yang paling baik yaitu tidur siang, antara 10 sampai 15 menit saja. Sesudah bangun, tubuh bakal terasa lebih segar dan lebih fokus dalam bekerja.

Copy

Advertise