Jernih dan Mencerahkan

Microsoft Setop Kembangkan Game Baru untuk XBOX One

290

Kinipaham Microsoft resmi menghentikan pengembangan game baru untuk XBOX One. Sebab, mereka ingin fokus mengembangkan permainan di konsol next gen.

Kepastian tersebut disampaikan Kepala XBOX Game Studio, Matt Booty melalui keterangan resminya. Dia menjelaskan, dengan dipusatkan ke satu konsol, maka pengembangan game-nya akan lebih maksimal.

“Kami akan bergerak ke Generasi kesembilan,” kata Matt Booty yang merujuk kepada konsol generasi baru XBOX Series X/S, dikutip dari The Verge pada Sabtu (18/6).

XBOX One. Foto: The Verge.
XBOX One. Foto: The Verge.

Meskipun Microsoft tetap mendukung perangkat keras dan game Xbox One seperti “Minecraft” untuk generasi konsol sebelumnya, tidak ada lagi studio internal yang akan mengembangkan game baru untuk XBOX One.

Microsoft menggunakan XBOX Cloud Gaming untuk menawarkan game seperti “Microsoft Flight Simulator” kepada pengguna XBOX One.

Microsoft Tetap Perhatikan XBOX One

Acara Xbox Games Showcase yang baru-baru ini diselenggarakan tidak menampilkan game yang khusus dihadirkan untuk XBOX One. Booty menegaskan, perusahaannya akan terus memanfaatkan XBOX Cloud Gaming untuk menawarkan game terbaru kepada pengguna XBOX One.

“Begitulah cara kami mempertahankan dukungan (untuk XBOX One),” kata Matt.

XBOX One. Foto: The Verge.

Pengembang game Microsoft sendiri sekarang fokus pada konsol XBOX Series S / X, meskipun terdapat klaim bahwa beberapa pengembang meminta Microsoft untuk membatalkan kompatibilitas XBOX Series S untuk game Xbox terbaru

XBOX Series S seharga US$299 atau Rp 4,4 jutaan diluncurkan sebagai konsol yang mampu memainkan game 1440p hingga 120fps. Namun, banyak game yang hanya mencapai 1080p dan tanpa frame rate yang lebih tinggi dibandingkan XBOX Series X yang lebih bertenaga.

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.