Meski Enak, Ternyata Terlalu Sering Santap Pisang dan Susu Bisa Berbahaya

Kinipaham.com – Pisang adalah salah satu buah yang paling populer di dunia. Mereka sangat portabel dan mudah dikonsumsi, menjadikannya camilan on-the-go yang sempurna. Pisang juga memiliki gizi yang tidak sedikit, dan mengandung serat serta antioksidan dalam jumlah tinggi. Namun, banyak orang ragu mengkonsumsi pisang karena kandungan gula dan karbohidratnya yang tinggi.

Pisang dan susu biasanya adalah kombinasi umum yang sering ditampilkan dalam smoothie. Namun, terlepas dari popularitas pasangan ini, banyak yang percaya bahwa pisang dan susu tidak cocok untuk dikonsumsi bersamaan. Bahkan, di internet ada yang mengatakan apabila mengkonsumsi pisang dan susu secara bersamaan dapat menyebabkan kerusakan pada pencernaan. Lebih jelasnya simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

Baca Juga : Khasiat Tersembunyi di Balik Kelezatan Buah Naga

Keuntungan dari mengkonsumi pisang dan susu secara bersamaan

  • Tinggi Protein

Susu merupakan sumber dari protein, kalium, vitamin B, fosfor dan juga kalsium. Sedangkan pisang adalah buah yang kaya akan serat serta mempunyai kandungan kalium dan vitamin B6. Mengkonsumsi keduanya secara bersamaan dapat membantu menyerap lebih banyak nutrisi ke dalam tubuh serta meningkatkan beberapa vitamin dan mineral.

  • Memulihkan Energi Tubuh dengan Cepat

Apa yang kamu makan setelah berolahraga merupakan hal yang sangat penting. Faktanya, mengisi makanan yang tepat dapat memicu pertumbuhan otot, meningkatkan kinerja, dan mempercepat pemulihan. Misalnya, makan protein seperti susu dan pisang dalam jumlah baik setelah berolahraga dapat membantu memperbaiki jaringan dan meningkatkan sintesis otot.

Banana-strawberry milkshake

Baca Juga : Nastar Hingga Kastangel, Ternyata Ada Jejak Eropa di Kue-kue Lebaran

Kerugian dari mengkonsumsi pisang dan susu secara bersamaan adalah:

  • Berat Badan Bertambah

Meskipun susu dan pisang memiliki gizi yang tinggi, masing-masing memberikan jumlah kalori yang banyak. Misalnya, satu pisang sedang memiliki 105 kalori, sedangkan 1 cangkir (237 mL) susu murni mengemas 149 kalori. Mengkonsumsi bahan pangan ini secara harian dapat meyebabkan asupan kalori kamu menumpuk dengan cepat, termasuk bila mengkonsumsinya dengan jumlah yang sedikit.

Copy

Advertise