Mengenang Pepsiman, ‘Nenek Moyang’ Subway Surfers yang Sempat Digilai

Kinipaham – Sebelum Subway Surfers muncul di perangkat ponsel dan PC, kita pernah dimanjakan game berjenre serupa dengan nama Pepsiman. Secara garis besar, pemain dituntut melakukan hal yang sama, yakni berlari dan menghindari halauan.

Pepsiman pertama kali dirilis pada pertengahan 1999 oleh pengembang game bernama KID. Permainan sederhana ini hanya bisa dimainkan di perangkat Playstation 1. Barulah beberapa lama setelahnya, Pepsiman bisa dimainkan juga di perangkat lain seperti komputer.

Secara grafis, permainan yang menuai sukses di masanya ini terbilang pas-pasan alias apa adanya. Namun yang dijual memang bukan itu, melainkan pengalaman yang pada kalanya tak bisa ditemukan di permainan lainnya. Yaitu, ketegangan dan perasaan candu lantaran selalu ingin mencoba.

Baca juga: Cihuy, PS5 Dipastikan Bisa Mainkan Game-game Lawas

Selama bermain, kita dihadapkan pada dua skema kamera (point of view). Pertama dari belakang, dan kedua dari depan. Saat kamera menyorot dari belakang, kita hanya perlu berlari dan menghindari segala hal yang ada di hadapan Pepsiman. Sedang saat kamera beralih ke belakang, kita harus menjauh dari kejaran kaleng Pepsi raksasa

Jangan lupa, selama berlari, pemain diharuskan mengumpulkan kaleng-kaleng kecil yang berserakan di jalanan, kemudian juga harus berpacu dengan waktu yang ditentukan. Selain itu, tersedia beberapa nyawa yang memungkinkan Pepsiman bangkit kembali setelah menabrak obyek tertentu di depannya.

Misi permainan tersebut dianggap tuntas ketika Pepsiman berhasil menuju vending machine yang berisikan minuman Pepsi. Ia akan memasukkan koin ke dalamnya, mengambil minuman tersebut, dan menenggaknya penuh dahaga. Kendati misinya terbilang monoton, namun tetap menarik dimainkan berulang-ulang.

Bagi generasi akhir 80 atau awal 90-an, pasti sulit melupakan game yang dilarang beredar di Amerika Serikat ini. Sebab, Pepsiman dianggap sebagai nenek moyang game berjenre endless runner. Selain Subway Surfers, ada beberapa judul lain yang pola permainannya serupa Pepsiman, yakni Temple Run, Minion Rush, Sonic Dash, dan masih banyak lagi.

Copy

Advertise