Mengenang Nokia 6600, Hape Gendut yang Hits di Zamannya

Kinipaham.com – Sebelum ponsel berbasis Android mendominasi pasar dunia, perusahaan asal Finlandia, Nokia lebih dulu memulainya. Berbagai model pernah mereka hadirkan, mulai dari yang panjang, runcing, mematah, hingga yang agak membulat layaknya tipe 6600.

Di awal kemunculannya, 6600 diklaim sebagai salah satu ponsel tercanggih yang pernah ada di dunia. Selain itu, tampilannya yang unik dan futuristis juga memancing siapapun untuk menggenggam dan memilikinya. Itulah mengapa, ponsel ini sempat digandrungi konsumen di berbagai belahan dunia.

Dilansir dari GSM Arena, Kamis 30 Januari 2020, 6600 pertama dirilis pada 16 Juni 2003. Kala itu, ponsel yang kerap dijuluki Si Gendut ini dilepas ke konsumen seharga Rp5 juta. Maka tak heran, jika di masanya, hanya kalangan menengah atas saja yang sanggup membelinya.

Kendati lebar, 6600 hanya dibekali layar TFT mungil berukuran 2,1 inci dengan resolusi 176×208. Sedang sistem operasinya menggunakan Symbian seri 60 (S60) versi 2.0.

Baca juga: Sempat Besar, Mengapa Nokia Tumbang di Tangan Merek Lain?

Selain itu, RAM-nya hanya sebesar 0,5 GB dan kapasitas maksimum memorinya sebatas 32 MB. Meski kecil, ‘persenjataan’ itu dirasa cukup tangguh untuk menjalankan aplikasi yang tersedia.

Salah satu hal yang saat itu menjadi andalan Nokia dalam memasarkan 6600 ialah kualitas kamera. Padahal, ponsel yang sudah hampir berusia 17 tahun itu hanya dibekali lensa VGA tanpa flash atau pencahayaan tambahan. Sehingga, saat mengambil gambar di malam hari, obyek yang ingin dibidik tak terlihat sama sekali.

Baca juga: Mengenang Nokia N-Gage, Hape Gaming Paling Keren di Masanya

Kemudian, sistem jaringan yang tersemat pada Nokia 6600 ini menggunakan GPRS yang merupakan jaringan tercanggih di zamannya. Lantas yang cukup menarik, perangkat ini telah dipasangkan browser Opera yang hingga saat ini masih digunakan pada perangkat Android.

Meski sudah bukan masanya lagi, akan tetapi kenangan tentang ponsel ikonik itu sulit dilupakan. Bahkan, masih banyak lapak bekas yang menjual unit 6600 dalam kondisi layak pakai. Berdasarkan penelusuran, harga termurah produk terlaris Nokia itu berada di kisaran Rp300 ribuan. Tertarik meminangnya kembali? (SFN)

Copy

Advertise