Melihat Lokasi Syuting Film Parasite, Mana Paling Diingat?

Kinipaham – Awal tahun 2020, kita sudah dihebohkan dengan kemenangan film Parasite di ajang bergengsi Academy Award ke-92 atau Oscar. Film asal Korea Selatan asuhan Bong Joon Ho ini menjadi film non bahasa Inggris pertama yang meraih penghargaan Best Picture.

Selain Best Picture, tiga penghargaan lain yang didapatkan adalah Skenario Asli Terbaik, Sutradara Terbaik untuk Bong Joon Ho dan Film Berbahasa Asing Terbaik.

Baca juga: Duh, Benar Gak Sih Banyak Makan Daging Jadi Pemicu Perubahan Iklim?

Parasite digambarkan sebagai film komedi tragis yang memperlihatkan kesenjangan sosial yang terjadi di Korea Selatan. Dua keluarga, Kim dan Park, yang hidup bagai langit dan bumi digambarkan saling bergantung satu sama lain dalam kehidupan mereka.

Selain cerita, salah satu yang menyita perhatian dalam film adalah latar tempat berupa dua yang digunakan. Satu rumah mewah, besar dengan gaya semi modern dan pencahayaan alami sedangkan satunya adalah bajinha atau rumah semi basement yang digambarkan sangat lembab, kotor dan rentan banjir.

Kedua rumah ini memang dibuat hanya untuk pembuatan film. Jadi para penggemar film ini tidak dapat datang atau melihat lokasi asli dalam film. Tapi jangan khawatir, ada banyak lokasi di dunia nyata yang bisa dikunjungi oleh penggemar film Parasite.

Organisasi pariwisata resmi untuk Seoul dan Korea Selatan telah menyusun panduan yang menyoroti beberapa lokasi pembuatan film. Dilansir dari berbagai sumber, beberapa di antaranya adalah:

Supermarket Woori: Tempat ‘Parasite’ Dimulai

Di awal film, Kim Ki Woo (Choi Woo Shik) terlihat meminum soju bersama seorang temannya di luar Supermarket Woori. Saat itu mereka membicarakan pekerjaan paruh waktu sebagai guru untuk anak keluarga kaya.  Adegan ini sebenarnya difilmkan di Supermarket Doijissal Seoul (atau Pig Rice Supermarket).

“Saat ini, banyak orang asing datang ke sini,” ungkap Kim Kyung Soon, pemilik Doijissal Supermarket mengatakan kepada saluran siaran bahasa Inggris Korea, Arirang. “Kami melihat empat kelompok berbeda dua hari lalu. Saya tidak bisa menghitung berapa banyak orang yang mengambil foto di depan toko kami. Ada wartawan dari Jepang dan Spanyol.”

Supermarket ini berada di Distrik Mapo yang juga merupakan rumah bagi beberapa tempat wisata termasuk Seoul Trickeye Museum dan Mapo Oil Tank Culture Park.

Seongbuk-dong: Menuju Wawancara Kerja di Rumah Keluarga Park

Ketika Kim Ki Woo sedang dalam perjalanan untuk wawancara untuk menjadi guru paruh waktu, ia berjalan melewati desa bernama Seongbuk-dong. Lingkungan lereng bukit di Seoul in adalah rumah bagi banyak galeri seni, kafe dan tentunya rumah tinggal.

Tempat wisata terdekat termasuk Tembok Kota Hanyang (atau Tembok Kota Seoul) dan Kuil Kilsang. Museum Furnirture Korea yang cantik dan satu-satunya yang indah juga terletak di daerah tersebut.

Tangga ke Rumah Keluarga Park

Ingat adegan ketika Kim Ki Jung (Park So Dam) membeli banyak buah persik untuk membuat alergi asisten rumah tangga keluarga Park kambuh demi membuat ibunya mendapat pekerjaan? Ya, tangga ini yang menjadi latar cerita tersebut.

Tangga itu letaknya hanya sepelemparan batu dari Supermarket Dojjissal. Lantaran daerah tersebut memang merupakan tempat tinggal warga, pemandu wisata Seoul yang menemani wisatawan ke lokasi syuting film meminta pengunjung untuk tak mengganggu warga.

Tangga ke Terowongan Jahamun

Tangga ini menjadi salah satu tempat adegan paling penting dalam film. Setelah menemukan satu rahasia di ruang bawah tanah keluarga Park, tiga anggota keluarga Kim dipaksa untuk melarikan diri menuruni tangga panjang dan masuk ke terowongan Jahamun Seoul.

Adegan tiga anggota keluarga Kim yang terus menerus, dikatakan bahwa sutradara Parasite secara khusus menggunakan tempat ini untuk memvisualisasikan perbedaan kelas antara yang kaya dan yang miskin. Tangga berada di pintu masuk terowongan bergaris hijau, yang memiliki jalur pejalan kaki di satu sisi jalan.

Orga Whole Food Supermarket

Toko kelontong lain yang ditampilkan dalam film ini adalah Orga Whole Food Supermarket di Bangi-dong. Di sinilah ibu rumah tangga keluarga Park, Park Yeon Kyo, membeli semua barang yang ia butuhkan untuk pesta ulang tahun putranya yang tak terlupakan.

Dalam kehidupan nyata, Orga Whole Foods menyediakan makanan sehat ramah lingkungan yang bertujuan untuk mencapai “keseimbangan yang harmonis antara tubuh dan pikiran, individu dan komunitas, manusia dan alam” sebagaimana dinyatakan di situs webnya yang berbahasa Korea.

Pizza Generation

Salah satu bintang (bukan manusia) dalam film ini adalah kotak-kotak Pizza Generation. Dalam kehidupan nyata, nama sebenarnya adalah Sky Pizza. Dalam film diperlihatkan tumpukan kotak pizza hijau dan oranye yang dilipat oleh ayah keluarga Kim, Kim Ki Taek, yang pengangguran.

Menurut Organisasi Pariwisata Seoul, pemilik harus mengajari aktor cara melipat kotak pizza berbentuk unik dalam film. Sky Pizza sekarang dengan bangga menampilkan tanda tangan dari Bong serta foto pemilik toko dengan direktur di dindingnya. Selain pizza, tempat ini juga terkenal dengan ayam goreng Korea, menjadikannya tempat yang sempurna untuk mengakhiri tur “Parasite” di Seoul.

Copy

Advertise