Manfaat Sikat Gigi Sambil Berdiri dengan Satu Kaki

Kinipaham – Belum banyak yang tahu, manfaat sikat gigi sambil berdiri dengan satu kaki ternyata lumayan banyak. Bahkan, hal tersebut telah dibuktikan melalui studi di luar negeri. Lantas, apa gerangan manfaatnya?

Instruktur Kebugaran di Life Time ARORA, Rosalind Frydberg mengatakan, salah satu manfaat sikat gigi sambil berdiri dengan satu kaki, adalah meningkatkan keseimbagan pada tubuh. Selain itu, otak menjadi lebih tajam dan tulang menjadi lebih kuat.

Sikat gigi.
Sikat gigi.

Menurut Frydberg, umumnya kita sikat gigi sehari dua kali. Sehingga, saat pagi, gunakan kaki kanan sebagai tumpuan. Sementara saat sore/malam, gunakan kaki kiri sebagai tumpuan.

“Tubuh kita cenderung lebih kuat atau lebih lemah di satu sisi, terutama seiring bertambahnya usia. Jadi tetap seimbang sangat penting,” ujar Rosalind Frydberg, dikutip Kinipaham dari Livestrong, Rabu 23 Maret 2022.

Manfaat Sikat Gigi Sambil Berdiri dengan Satu Kaki

Manfaat Sikat Gigi Sambil Berdiri dengan Satu Kaki.
Manfaat Sikat Gigi Sambil Berdiri dengan Satu Kaki.

Frydberg menuturkan, berdiri dengan satu kaki saat menyikat gigi membantu melatih otot-otot penstabil manusia—seperti adduktor (otot paha bagian dalam) dan abduktor (otot paha luar). Bahkan, kita bisa mendapat manfaat tambahan jika melakukan latihan satu kaki tanpa sepatu.

“Melakukan ini tanpa alas kaki juga membantu melatih otot-otot kecil di kaki kita dan memperkuat pergelangan kaki kita. Otot-otot ini juga penting untuk keseimbangan yang sehat,” tutur dia.

Ilustrasi wanita sikat gigi.
Ilustrasi wanita sikat gigi.

Berdiri dengan satu kaki saat menyikat gigi membutuhkan banyak koordinasi dan ini berarti bisa melatih otak manusia. Berdiri dengan satu kaki diyakini juga dapat memperbaiki postur tubuh atau mencegah terjadinya lekukan tulang akibat penuaan usia.

Sekarang, kita jadi sama-sama paham, manfaat sikat gigi sambil berdiri dengan satu kaki ternyata banyak juga.

Ilustrasi sikat gigi.

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.