Manfaat Minum Air Kelapa, Baik Asal Tak Berlebihan

Kinipaham – Sebagian kita mungkin sudah tahu manfaat minum air kelapa untuk kesehatan. Namun, perlu dipahami, jika diminum berlebihan akibatnya juga kurang baik. Lantas, bagaimana pakar kesehatan menjelaskan hal tersebut?

Pakar farmakologi dari Universitas Indonesia Prof. Dr. dr. Purwantyastuti, MSc, SpFK, mengingatkan untuk minum air kelapa secukupnya agar tubuh tidak kelebihan kalium.

“Sebenarnya tidak ada cara meminum secara khusus, tetapi mesti diingat bahwa meskipun berfungsi mengatasi dehidrasi, sebaiknya jangan sampai air kelapa digunakan untuk memenuhi seluruh kebutuhan air dalam sehari (8-10 gelas),” tutur Purwantyastuti dalam pernyataan resmi, dikutip Minggu 29 Agustus 2021.

Manfaat air kelapa. Foto: Insider.
Manfaat air kelapa. Foto: Insider.

Dia menyarankan, minum air kelapa sebaiknya satu atau dua gelas saja per hari. Sebab, jika kalium di tubuh terlalu banyak alias berlebihan, dampaknya akan buruk. Bahkan, bisa mengganggu fungsi jantung.

“Namun jangan khawatir, selama diminum tidak berlebihan, air kelapa tidak akan menimbulkan masalah kesehatan,” terangnya.

Manfaat Minum Air Kelapa

Khasiat utama air kepala yakni untuk mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan cairan dengan sendirinya menjadi tidak sehat. Kekurangan cairan otomatis akan menimbulkan masalah pada reaksi-reaksi kimia di semua sistem tubuh, termasuk sistem imun.

“Rasanya yang lezat dan menyegarkan, membuat air kelapa mudah diminum orang yang sedang sakit, otomatis cairan tubuhnya kembali dan mendorong pemulihannya. Hal ini mungkin yang menyebabkan orang menghubungkan air kelapa dengan kekebalan tubuh,” urainya.

Di dalam tubuh, air kelapa dan cairan tubuh lainnya menjadi bagian dari darah yang berfungsi membawa oksigen ke sel-sel tubuh, yang diperlukan sistem kekebalan dan sistem lainnya di dalam tubuh agar berfungsi dengan baik.

Bukan hanya itu, cairan yang cukup di dalam tubuh juga diperlukan agar sistem dalam tubuh dapat bekerja dengan baik dalam menghilangkan racun dari tubuh, jadi minum lebih banyak dapat membantu mencegah racun yang menumpuk dan berdampak negatif pada sistem tubuh termasuk sistem imun.

Jika seseorang mengalami dehidrasi, seluruh sistem tubuh akan terganggu. Konsumsi cairan yang cukup dan tepat, termasuk air kelapa, bersama dengan nutrisi dan tidur yang cukup, merupakan komponen penting yang diperlukan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

“Hal ini juga yang dipraktikkan di pengobatan tradisional. Pengobatan tradisional itu di setiap tempat dan di setiap negara penggunaannya mungkin berbeda-beda. Namun di beberapa tempat di Indonesia, yang saya tahu, ada kepercayaan untuk minum air kelapa pada saat diare. Praktik ini bisa tepat bila tujuannya memang mengganti cairan yang hilang,” kata dia.

Copy

Advertise