Makin Canggih! Android Bakal Hadirkan 6 Fitur Baru, Ini Daftarnya

Kinipaham – Saat ini, Android merupakan operating system (OS) atau sistem operasi gadget yang paling banyak digunakan penduduk dunia. Itulah mengapa, perusahaan penyedia terus melakukan pembaruan, baik dari segi fitur maupun user interface (UI).

Bahkan, yang terbaru, Manajer Program Android, Fiona Lee memastikan, OS tersebut bakal kedatangan 6 fitur baru yang memudahkan seluruh penggunanya.

“Hari ini kami menyambut musim panas dengan enam pembaruan untuk Android Anda yang fokus pada keamanan sehingga Anda terlindungi dari setiap sisi,” kata dia, dikutip dari Antara, Kamis 17 Juni 2021.

Baca juga: Cihuy! WhatsApp Bakal Bisa Login di 4 Perangkat Sekaligus

Berikut 6 Fitur Baru yang Bakal Dihadirkan Android

Sistem peringatan gempa bumi

Google akan memberikan sistem peringatan gempa bumi, Android Earthquake Alert System untuk perangkat Android, terutama di negara yang berisiko tinggi mengalami bencana alam tersebut.

Sistem peringatan itu sementara tersedia di Yunani, Selandia Baru, Turki, Filipina, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan.

Fitur bintang di Message

Android memberikan fitur bintang di aplikasi Message agar pengguna bisa menandai pesan yang penting.

Emoji Kitchen baru

Google memperkenalkan bagian baru di Emoji Kitchen, tempat untuk melihat emoji yang baru saja digunakan pada Mei lalu. Setelah itu, Android akan memunculkan saran emoji ketika sedang mengetik.

Saran Emoji Kitchen tersedia di keyboard Gboard versi beta untuk bahasa Inggris, Spanyol dan Portugis di Android 6.0 ke atas.

Perintah suara

Android memperbarui asisten suara Google Assistant agar bisa digunakan untuk langsung menyalakan fitur tertentu di suatu aplikasi.

Voice Access

Fitur ini dirancang untuk pengguna yang memiliki kesulitan motorik, berupa perintah suara untuk menggunakan ponsel. Android memberikan kemampuan “gaze detection”, deteksi tatapan, agar Voice Access hanya berfungsi ketika pengguna sedang melihat ke layar.

Voice Access dilengkapi dengan fitur untuk memasukkan kata sandi ketika mendeteksi kolom untuk login.

Android Auto

Pengguna akan mendapatkan lebih banyak kustomisasi setelan Android Auto dan mencari konten atau aplikasi di tab media.

Copy

Advertise