Mau Produksi ASI Berlimpah, Coba 5 Makanan Lezat Ini

Kinipaham.com – Asi merupakan makanan alami bagi bayi, dan terkandung seluruh nutrisi. Tidak hanya membuat anak kenyang dan sehat, melainkan juga tumbuh cerdas dan kuat. Bahkan, nutrisi dalam ASI tidak ada dalam susu formula. Selain masalah pada payudara saat menyusui, pasokan ASI yang kurang juga kerap menjadi salah satu masalah bagi para ibu.

Sebagai solusinya, para ibu yang pasokan ASInya kurang tidak segan untuk mengkonsumsi obat-obatan atau jamu untuk memperbanyak ASI. Daripada mengkonsumsi obat-obatan, yuk kita lihat rekomendasi makanan lezat dan sehat untuk memperbanyak Produksi ASI.

Baca Juga : Xiaomi Mi Note 10 Siap Meluncur Bulan Depan!

Daun Katuk

 

Siapa yang tidak tahu kalau daun katuk sudah menjadi andalan dari zaman dahulu untuk memperbanyak produksi ASI. Daun katuk sendiri mengandung protein yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI. Di samping itu, daun katuk juga memiliki kandungan steroid dan polifenol yang dapat membantu memperbanyak kadar hormon prolaktin.

Prolaktin merupakan salah satu hormon yang bisa meningkatkan produksi ASI pada payudara. Bahkan lebih dari itu, pemberian daun katuk pada ibu menyusui juga bisa berpengaruh terhadap peningkatan berat badan bayi.

Kacang Almond

Selain rasanya yang gurih, enak dan bikin kenyang, kacang almond menjadi salah satu daftar makanan sehat wajib dikonsumsi secara rutin. Karena Nutrisi pada kacang almond juga dipercaya sangat baik dalam meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui.

Salmon

Salmon merupakan makanan favorit masyarakat jepang, ternyata salmon mempunyai khasiat untuk memperbanyak produksi ASI. Salmon memiliki asam lemak essensial, seperti omega 3, 6 dan 9. Asam lemak essensial ini membantu kerja sistem saraf dan juga menjaga kesehatan sistem kardiovaskuler.

Oatmeal

Selanjutnya makanan lezat dan juga menyehatkan untuk memperbanyak produksi ASI adalah Oatmeal. Selain dapat membantu menurunkan kolesterol, Oatmeal juga menjadi makanan yang dapat memperbanyak produksi ASI. Setiap kali makan oatmeal, Anda akan mendapatkan sejumlah asupan serat, karbohidrat, vitamin, dan segudang mineral lainnya.

Kandungan mineral yang ada di dalam semangkuk oatmeal mencakup fosfor, magnesium, mangan, tembaga, seng, dan zat besi. Alasan mengapa oatmeal menjadi makanan pelancar ASI yaitu karena kaya akan kandungan zat besi. Pasalnya, kadar zat besi yang rendah ternyata berpengaruh terhadap produksi ASI.

Bayam

Salah satu sayuran hijau ini menjadi sumber zat besi dan nutrisi lain yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Bisa dikonsumsi dengan cara direbus, masak sayur bening atau dijus sebagai peningkat produksi ASI selama menyusui. Di sisi lain, sayur bayam juga bermanfaat dimakan oleh Anda yang sedang dalam masa pemulihan karena perdarahan setelah melahirkan. Alasanya karena sayur bayam tinggi kandungan zat besi di dalamnya, sehingga bisa membantu melancarkan pembentukan sel darah merah.

Itulah beberapa rekomendasi makanan lezat dan sehat yang dapat membantu memperbayak produksi ASI para ibu yang sedang menyusui. (HA)

Copy

Advertise