Jangan Keburu Panik, Penularan Corona Bisa Dicegah dengan 6 Langkah Ini

Kinipaham – Hingga saat ini, jumlah pasien yang positif terinfeksi Covid-19 di Indonesia mencapai 34 orang dan hasil negatif 744 orang. Virus corona ini menyebar dari orang ke orang ketika berbicara, batuk atau bersin, sehingga tetesan air yang keluar dari mulutnya bisa mengenai mulut, hidung atau orang yang di sekitarnya.

Dilansir dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ketika seseorang bersin atau batuk tutupilah menggunakan siku tangan bagian dalam atau juga bisa menggunakan tisu sekali pakai. Selain menutupi keluarnya tetesan air dari mulut, juga menghindari mengenai orang atau barang disekitar kita.

Ada 6 langkah mudah untuk untuk mencegah penyebaran  Covid-19:

Membersihkan Tangan Secara Rutin

Mencuci tangan masih dianggap sepele orang kebanyakan masyarakat di Indonesia. Padahal manfaat mencuci tangan ketika sebelum melakukan aktifitas untuk menghindari kuman yang menempel disekeliling kita. Jadi, biasakanlah sekarang untuk membersihkan tangan secara rutin karena Covid-19 sudah masuk di Indonesia.

Hindari Menyentuh Mata, Mulut dan Hidung Kamu

Apabila tangan kamu kotor atau belum membersihkan tangan kamu menggunakan sabun atau handrub, hindarilah menyentuh bagian mata, mulut dan hidung kamu karena bagian tersebut sensitif.

Baca Juga : Kaget, Cegah Corona Bisa Dilakukan dengan Bersihkan Ponsel

Ketika Bersin Tutup dengan Siku atau Tisu

Pada saat kalian bersin, kalian harus menutupnya dengan tisu atau siku agar tidak ada penyebaran virus disekitar kamu. Karena ketika kalian tidak menutupnya, tetesan air yang keluar akan menempel dibarang atau orang disekeliling kalian.

Hindari Tempat Ramai

Ketika kamu berada ditempat yang ramai seperti pasar atau mall, kita tidak tahu bahwa ada seseorang diantaranya yang sedang sakit flu atau bersin. Maka lebih baik kalian menghindari tempat ramai terlebih agar tidak tertular.

Baca Juga : Cara Mudah Tingkatkan Imun Tubuh Supaya ‘Kebal’ dari Corona

Tetap Dirumah Ketika Kamu Merasa Tidak Sehat

Apabila kamu merasa tidak enak badan seperti gejala demam, batuk atau pilek, sebaiknya kamu berdiam diri dirumah untuk beristirahat.

Segera Telfon Rumah Sakit Ketika Kamu Demam dan Sulit Bernafas

Jika kalian demam, batuk dan sulit bernafas, segeralah mencari perawatan medis lebih awal tapi sebelumnya kalian harus menelfonnya terlebih dahulu dan menceritakan kronologisnya dengan jelas agar tidak terjadi kepanikan.

 

Copy

Advertise