Kuaci Ternyata Juga Ampuh Tingkatkan Kekebalan Tubuh saat Wabah Corona

Kinipaham – Sistem kekebalan tubuh memang sangat penting di tengah virus corona yang tengah mengkhawatirkan ini. Selain suplemen, makanan menjadi elemen penting dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

Jika di bagian satu kita mengetahui buah jeruk, paprika merah, brokoli, bawang putih, jahe, bayam, yogurt dan almond sebagai makanan yang sangat baik bagi tubuh, inilah 8 makanan lain yang bisa kamu konsumsi sebagai bagian dari usaha mempertahankan kekebalan tubuh.

Baca juga: Jeruk Hingga Bayam, Ini Deretan Makanan yang Diklaim Bisa Tangkal Corona

Dilansir dari Healthline, Kamis 2 April 2020, inilah daftar makanan sehat lainnya.

Kunyit

Rempah-rempat bewarna kuning cerah ini telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai antiinflamasi dalam mengobati osteoartritis  (peradangan pada sendi) dan artritis rheumatoid (peradangan sendi akibat sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringannya sendiri).

Penelitian juga menunjukkan bahwa konstrentrasi curcumin yang memberikan kunyit warna khasnya, dapat membantu mengurangi kerusakan otot yang disebabkan oleh olahraga.

Teh hijau

Baik teh hijau dan hitam dikemas dengan flavonoid, sejenis antioksidan. Teh hijau benar-benar unggul adalah dalam kadar epigallocatechin gallate, atau EGCG, antioksidan kuat lainnya. EGCG telah terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Proses fermentasi teh hitam melewati banyak menghancurkan EGCG. Teh hijau, sebaliknya, dikukus dan tidak difermentasi, sehingga EGCG dipertahankan.

Teh hijau juga merupakan sumber asam amino L-theanine yang baik. L-theanine dapat membantu produksi senyawa pelawan kuman di sel T.

Pepaya

Pepaya adalah buah lain yang mengandung vitamin C. Kamu dapat menemukan 224 persen dari jumlah vitamin C harian yang disarankan dalam satu pepaya. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi.

Pepaya memiliki jumlah kalium, vitamin B, dan folat yang cukup, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Kiwi

Seperti pepaya, kiwi secara alami penuh dengan nutrisi penting, termasuk folat, potasium, vitamin K, dan vitamin C. Vitamin C meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi, sementara nutrisi kiwi lainnya menjaga agar seluruh tubuh berfungsi dengan baik.

Unggas

Saat sakit, sup ayam lebih dari sekadar makanan enak.  Makanan ini membantu memperbaiki gejala pilek dan juga membantu melindungi dari sakit. Unggas, seperti ayam dan kalkun, kaya akan vitamin B-6. Sekitar 3 ons kalkun ringan atau daging ayam mengandung 40 hingga 50 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan B-6.

Vitamin B-6 adalah pemain penting dalam banyak reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh. Ini juga penting untuk pembentukan sel darah merah yang baru dan sehat. Stok atau kaldu yang dibuat dengan merebus tulang ayam mengandung gelatin, kondroitin, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk penyembuhan usus dan kekebalan tubuh.

Biji Bunga Matahari (Kuaci)

Biji bunga matahari penuh nutrisi, termasuk fosfor, magnesium, vitamin E dan vitamin B-6. Vitamin E penting dalam mengatur dan memelihara fungsi sistem kekebalan tubuh. Makanan lain dengan vitamin E dalam jumlah tinggi termasuk alpukat dan sayuran berdaun gelap.

Makanan Laut

Zinc tidak mendapatkan banyak perhatian seperti vitamin dan mineral lainnya. Namun tubuh membutuhkannya. Zinc adalah mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, serta untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh. Makanan laut yang mengandung zinc antara lain kepiting, remis, lobster dan kerang.

Untuk pria dewasa, ini 11 miligram (mg), dan untuk wanita, itu 8 mg. Terlalu banyak seng justru dapat menghambat fungsi sistem kekebalan tubuh.

Copy

Advertise