Khasiat ‘Sakti’ Saffron untuk Wajah dan Tubuh, Bisa Diolah Jadi Apa Saja?

Kinipaham – Siapa yang tak kenal Saffron? Saffron berasal dari putik bunga Crocus Sativus dan diklaim sebagai rempah-rempah termahal di dunia. Konon katanya, Saffron dengan kualitas baik bisa dihargai hingga US$ 5 ribu atau sekira Rp74 juta per 450 gramnya.

Saffron disebut-sebut kaya antioksidan sehingga banyak digunakan untuk obat berbagai penyakit. Selain itu, Saffron ternyata juga memiliki kegunaan untuk perawatan kulit dan—apabila dilakukan secara rutin—dipercaya dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Baca juga: Bentuknya Mirip Kutek, Produk Ini Ampuh Angkat Komedo di Hidung

Melihat kenyataan itu, mulai banyak merek kecantikan yang menjadikan Saffron sebagai bahan utama dalam olahan produk kecantikan mereka. Berikut kami rangkum sejumlah olahan Saffron untuk produk perawatan kulit, disitat dari berbagai sumber, Senin 21 September 2020.

Sebagai face mist atau toner

Saffron bisa dijadikan sebagai face mist dan toner. Dengan kandungan yang memiliki anti inflamasi, saffron bisa membantu melembabkan kulit dan meredakan peradangan pada kulit.

Biasanya, Saffron dicampur dengan kandungan lainnya untuk mencapai hasil yang maksimal seperti air zam-zam, green tea, calendula, dan ekstrak buah. Dengan campuran kandungan tersebut, Saffron bisa memiliki manfaat yang lebih banyak lagi, yaitu menyembuhkan jerawat, anti aging, mencerahkan wajah, dan lainnya.

Sebagai masker wajah

Selain bisa dijadikan sebagai face mist dan toner, Saffron juga bisa dijadikan sebagai masker wajah. Biasanya untuk digunakan sebagai masker wajah, Saffron juga ditambahkan beberapa campuran lain, seperti yogurt, oats, susu, aloevera, green tea, dan lainnya.

Manfaat dari masker Saffron ini juga banyak, selain melembabkan wajah juga mampu mengangkat sel kulit mati dan membuat wajah menjadi lebih cerah.

Sebagai serum wajah

Baru-baru ini, sejumlah merek kecantikan juga mengeluarkan serum wajah dengan kandungan Saffron. Dengan campuran Saffron, niacinamide, galactomyces, minyak ektrak buah dan lainnya, menjadikan Saffron mampu mencerahkan wajah dan membantu regenerasi kulit wajah.

Sebagai sabun mandi

Selain itu, Saffron rupanya juga bisa digunakan untuk perawatan tubuh, salah satunya bisa digunakan sebagai sabun mandi. Dengan campuran kandungan olive oil, fragrance dan lainnya, sabun mandi berbahan Saffron ini diklaim mampu menjaga kesehatan kulit. (SFN)

Copy

Advertise