Kepanjangan Wi-Fi Lengkap dengan Fungsi dan Sejarahnya

KinipahamWi-Fi atau Wifi merupakan jaringan nirkabel yang kerap digunakan banyak orang di seluruh dunia. Meski sudah familiar, namun tak banyak yang mengetahui apa sebenarnya kepanjangan Wi-Fi atau Wifi.

Diketahui, Wi-fi sendiri merupakan jaringan tanpa kabel yang memanfaatkan sinyal frekuensi radio untuk bisa terhubung ke internet dengan mudah. Kini, ada banyak perangkat digital yang bisa dihubungkan dengan jaringan tersebut, yakni ponsel, tablet, laptop, hingga yang terkini, printer wireless.

Baca juga: Deretan Game Online di HP yang Bisa Hasilkan Uang

Kendati baru populer beberapa tahun terakhir, sebenarnya Wi-Fi sudah digunakan sejak lama, yakni pada 1997 atau 24 tahun lalu. Kala itu, suatu komite industri teknologi menyetujui standar Wi-Fi umum dan lebih kompatibel terhadap berbagai perangkat digital.

Syahdan, dua tahun kemudian, sekelompok perusahaan membentuk Wireless Ethernet Compatibility Alliance (WECA, sekarang Wi-Fi Alliance) yang merupakan organisasi nirlaba global untuk mempromosikan standar nirkabel baru.

Belakangan, Wi-Fi menjadi kebutuhan wajib para pengguna gadget di dunia. Itulah mengapa, sejumlah lokasi ramai seperti stasiun, halte, rumah sakit, restauran, bandara, sekolah, maupun kampus mulai dipasangkan jaringan nirkabel tersebut.

Apa kepanjangan Wi-Fi atau Wifi?

Hingga saat ini, banyak pakar bahasa hingga kalangan umum yang belum mamahami kepanjangan Wi-fi atau Wifi. Sebab, beredar kabar, nama tersebut sejatinya tak merujuk pada arti maupun makna tertentu.

Wi-Fi sendiri merupakan istilah merek dagang yang menggambarkan perangkat atau teknologi yang didasarkan pada standar komunikasi nirkabel 802.11 dari Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), menurut Wi-Fi Alliance.

Jadi, Wi-Fi Alliance menyewa perusahaan pemasaran Interbrand untuk membuat nama lain, yakni Wi-Fi. Setidaknya hal tersebut yang diungkapkan salah satu pendiri Alliance.

Logo Wifi. Foto Ist.
Logo Wifi. Foto Ist.

Meski demikian, ada sejumlah dugaan mengenai apa sebenarnya kepajangan Wi-Fi yang sering kita ucapkan sehari-hari. Salah satunya, yakni wireless fidelity yang mengacu pada arti ‘hubungan tanpa kabel’. Namun, beredar kabar, itu hanya sekadar tagline dan bukan kepanjangan yang sebenarnya.

Sebab, kala itu, Alliance sempat memakai tagline ‘The Standard for Wireless Fidelity’ untuk meluruskan orang-orang yang salah memahami kepanjangan Wi-Fi.

Salah satu pendiri Wi-Fi Alliance, Phil Belanger sendiri mengatakan, banyak orang menduga-duga apa sebenarnya kepanjangan Wi-Fi. Padahal, menurut dia, istilah tersebut bukan kependekan dari suatu kalimat atau frasa.

“Wi-Fi tidak berarti apa-apa. Ini bukan akronim. Tidak ada artinya,” kata Belanger, dikutip Selasa 7 September 2021.

Saat ini, istilah Wi-Fi tetap dipakai secara luas oleh banyak orang di seluruh dunia, dan setiap mereka memahami apa kegunaan Wi-Fi meskipun tidak ada yang tahu pasti apa artinya.

Copy

Advertise