Jernih dan Mencerahkan

Kenapa Orang Takut Badut?

267

Kinipaham – Meski kerap dijadikan hiburan, namun tak semua orang menganggap badut lucu. Bahkan, ada sebagian orang yang merasa takut. Lantas, kenapa orang takut badut? Benarkah ada penjelasan ilmiahnya?

Orang takut badut kerap disebut sebagai coulrophobia. Fobia tersebut dilaporkan sudah banyak ‘menyerang’ penduduk dunia, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Nah, untuk menjawab alasan orang takut badut, sejumlah studi sudah dilakukan. Biar kalian paham apa penyebabnya, yuk simak uraiannya hingga selesai.

Kenapa orang takut badut?
Kenapa orang takut badut?

Kenapa Orang Takut Badut?

Dilansir dari Independent, Selasa (20/6) peneliti dari University of South Wales berusaha mengungkap alasan mengapa orang takut badut. Peneliti menggunakan data dari survey internasional yang berisikan 1.000 orang dari 64 negara.

Hasil penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal Frontiers in Psychology tersebut menemukan, lebih dari 50 persen responden takut melihat badut. Bahkan, 5 persennya mengaku sangat takut dan mengarah ke fobia. Persentase itu lebih tinggi ketimbang ketakutan terhadap binatang atau ketinggian.

Ilustrasi badut wanita.

Menurut penelitian tersebut, riasan wajah badut yang berlebihan dan tidak tampak seperti manusia, serta riasan yang menyembunyikan sinyal emosional merupakan alasan utama orang takut badut.

Peneliti juga menduga warna merah pada riasan mengingatkan pada penyakit dan penularan, sehingga dapat berperan yang membuat orang dewasa dan anak-anak takut.

Alasan lain adalah adanya penggambaran negatif badut dalam budaya populer seperti karakter Pennywise dalam It karya Stephen King. Lalu, hal yang membuat responden takut badut adalah perilakunya yang tidak dapat diprediksi.

Sementara tingkat rasa takut terendah dari para peserta adalah ketakutan yang berasal dari pengalaman pribadi yang menakutkan dengan badut.

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.