Kenapa Lampu Lalu Lintas Warnanya Merah Kuning Hijau?

Kinipaham.com – Meski di hampir seluruh persimpangan jalan raya terdapat lampu lalu lintas, namun hanya sedikit dari kita yang mengetahui sejarahnya. Misal, negara mana yang pertama kali menggunakan lampu tersebut, dan mengapa warnanya harus merah, kuning, dan hijau?

Dilansir dari Carscoops, Jumat 20 Desember 2019, kota atau wilayah yang pertama kali menggunakan lampu lalu lintas adalah London, Inggris. Saat itu, di awal tahun 1960-an, kawasan tersebut ramai dengan kereta kuda dan orang yang berlalu lalang.

Berangkat dari alasan tersebut, seorang ahli mekanik bernama Lester Farnsworth Wire merasa tergugah, ia pun membuat lampu jalan yang berisikan tulisan ‘stop’ dan ‘go’ sebelum akhirnya dimodifikasi dengan tambahan lampu hijau dan merah agar terlihat jelas di malam hari. Saat itu, lampu masih menggunakan tenaga gas lantaran belum adanya listrik.

Baca jugaTantang PS5, XBOX Series X Meluncur 2020

Resmi terpasang di persimpangan Bridge Street dan Great George Street pada 9 Desember 1868, lampu lalu lintas pertama itu hanya bertahan sebulan sebelum akhirnya meledak karena melukai salah satu petugas yang berada di dekatnya.

Selain itu, isyarat dua warna juga dirasa kurang ideal bagi kendaraan atau kereta kuda yang melaju dengan kecepatan ekstra. Itulah mengapa, lampu lalu lintas tersebut dikembangkan oleh pria berkebangsaan Amerika bernama Garrett Augustus Morgan. Ia mengubah kontruksi tata letak lampu serta menambahkan satu warna tambahan, yakni kuning.

Tujuannya, agar pengendara memiliki interval waktu kapan harus berhenti dan melaju di saat yang tepat.

Baca juga: 4 Rekomendasi Laptop Slim yang Enggak Ribet

Barulah beberapa dekade setelahnya, yakni pada tahun 1922, seorang opsir polisi bernama William Potts menyempurnakannya, dan membuat lampu lalu lintas bisa dioperasikan otomatis menggunakan listrik.

Copy

Advertise