Kelamaan WFH Bikin Bobot Tubuh Naik, Begini Trik Menangkalnya

Kinipaham – Tidak perlu dipungkiri, bahwa kita semua sudah cukup lama berada di rumah semasa pandemi. Sudah beberapa bulan ini kita tidak melakukan aktivitas di luar rumah, demi mengurangi tingkat penyebaran virus yang saat ini sedang diperangi seluruh dunia.

Maka, beberapa protokol dan aturan dibuat termasuk salah satunya adalah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), yang mana kita diharuskan untuk beraktivitas di rumah atau lingkungan terdekat. Tentunya mengikuti aturan tersebut, kita hanya berkegiatan di rumah termasuk bekerja, beribadah, olahraga dan kegiatan lainnya.

Baca juga: Dear Ladies, Ini Pentingnya Tentukan Body Goal Sebelum Mulai Diet

Lantas, banyak dari kita terutama kalangan muda-mudi yang hobi berkegiatan di luar, menjadi terkungkung dalam ruang lingkup kegiatan. Berbagai ruang yang dahulu terbuka untuk diskusi kelompok, kini beralih menjadi ruang virtual. Melalui media digital sebagai ruang virtual, menyebabkan aktivitas kita lebih banyak di depan gadget.

Baik dari kita pasti khawatir akan berat badan selama di rumah. Maklum, memiliki tubuh sehat dengan berat badan ideal pasti keinginan semua orang. Tentunya, untuk mendapatkan hal tersebut, tidaklah mudah dalam kondisi saat ini.

Apalagi kebanyakan dari kita lebih sering bekerja di depan laptop, kurang bergerak dan cukup banyak menikmati serial film atau drama melalui platform streaming atau bahkan bermain Instagram atau game online sambil nyemil?

Eits, lantas bagaimana cara agar kita dapat menjaga atau bahkan menjadikan tubuh selalu bugar dan ideal selama di rumah?

Yuk simak beberapa hal yang perlu dilakukan selama #dirumahaja.

Minum air putih yang cukup

minum air

Kebutuhan air putih untuk setiap orang berbeda-beda, tergantung dari banyaknya aktivitas serta faktor lainnya. Mungkin beberapa dari kita kerap kali mengabaikan air putih karena terlalu sibuk dengan pekerjaan atau tugas lain pada ruang virtual.

Maka dari itu, jangan lupa minum air putih setelah bangun tidur, sebelum beraktivitas dan selalu siapkan tumblr atau botol minum yang sudah terisi penuh air putih agar kita bisa menjangkaunya dengan mudah sewaktu bekerja.

Tidur cukup dan teratur

Hayoo, siapa dari kalian yang selama di rumah pola tidurnya bermasalah? Tentu saja hal ini menjadi sangat sulit bagi kalangan muda-mudi yang gemar begadang atau barangkali insomnia. Ternyata tidur memengaruhi hormon ghrelin (yang membuat kita merasa lapar) atau leptin (kenyang).

Oleh karena itu, apabila tidak cukup tidur, maka hormon ghrelin akan meningkat. Tidak heran jika saat pola tidur kita berantakan, terutama saat larut malam masih terbangun, kita akan merasakan lapar.

Ganti camilan snack dengan buah-buahan

Pasti banyak dari kita yang butuh ditemani snack saat bekerja di balik layar. Wajar, memang kita butuh asupan untuk bisa terus fokus atau menghilangkan jenuh. Tapi snack tinggi akan kalori, sehingga dapat menyebabkan kelebihan berat badan.

Jadi, akan sangat baik jika mengganti camilan snack dengan buah-buahan. Selain bernutrisi, buah-buahan mengandung anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Kurangi minum-minuman manis

Siapa sih yang tidak kenal dengan minuman atau kopi kekinian? Minuman satu ini pasti sebagai teman dikala lembur kerja atau mengerjakan tugas di depan laptop. Tak heran jika banyak kalangan yang gemar mengonsumsi minuman ini.

Namun sayangnya, jika tidak mengontrol minuman ini masuk ke dalam tubuh kita, bisa menjadi penyebab naiknya berat badan. Untuk itu, kita perlu membatasi minuman ini ya.

Menjaga pola makan yang sehat dan seimbang

Makanan cepat saji ataupun makanan kemasan juga dapat memicu berat badan naik karena tingginya kalori yang menimbun dalam tubuh. Maka dari itu, kita diwajibkan mengonsumsi makanan yang bersih dan sehat seperti makanan olahan rumahan dengan bahan-bahan yang organik.

Selain itu, konsumsilah makanan sesuai dengan kebutuhan kalori dan gizi yang seimbang agar metabolisme tubuh bekerja dengan baik. Metabolisme tubuh yang menurun menyebabkan tubuh menjadi mudah sakit dan perubahan berat badan.

Olahraga

Meskipun memang cukup sulit melakukan olahraga di rumah, tetapi setidaknya tubuh harus melakukan aktivitas gerakan agar membakar kalori. Kita dapat mempraktekan beragam jenis gerakan di rumah dari aplikasi ataupun video di YouTube, ya.

Penulis: Suci Ramadhaniyati.

Editor: Farhan Nurhuda.

Copy

Advertise