Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi?

KinipahamKopi merupakan salah satu jenis minuman dengan banyak peminat di Indonesia. Meski demikian, hanya sedikit orang yang tahu, kapan waktu terbaik minum kopi.

Sebagian orang menikmati secangkir kopi setelah bangun tidur, namun tak sedikit yang menundanya sekian jam. Lantas, mana sekiranya waktu yang benar?

Dikutip Kinipaham dari Healthline, Sabtu 12 Maret 2022, kabarnya langsung minum kopi setelah bangun tidur tak terlau dianjurkan, lantaran bisa mengurangi efek energinya. Sebab, pada saat itu, hormon stres kortisol di tubuh manusia sedang berada di puncaknya.

Wanita minum kopi. Foto: Wikimedia.
Wanita minum kopi. Foto: Wikimedia.

Kortisol sendiri merupakan hormon yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus, mengatur metabolisme, respons sistem kekebalan, dan tekanan darah di tubuh. Hormon tersebut mengikuti ritme khusus untuk siklus tidur-bangun seseorang, dengan tingkatan 30–45 menit setelah bangun dan perlahan menurun sepanjang hari.

Kafein dalam kopi dapat meningkatkan kadar kortisol. Peningkatan kadar kortisol dalam waktu lama dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia, dan menyebabkan masalah kesehatan. Itulah mengapa, kita disarankan minum kopi pada pertengahan hingga akhir pagi ketika tingkat kortisol sedang rendah.

Kapan waktu terbaik minum kopi? Foto: Vogue.
Kapan waktu terbaik minum kopi? Foto: Vogue.

Bagi kebanyakan orang yang bangun sekira pukul 06.30, maka bisa meminum kopi antara pukul 09.30 dan 11.30, atau untuk menghindari lonjakan kortisol yang besar, minumlah secangkir kopi pertama setidaknya satu jam setelah bangun tidur.

“Beberapa penelitian mengatakan kortisol masih tinggi ketika Anda bangun, jadi lebih baik menunggu kopi Anda dan meminumnya di pagi hari ketika kortisol lebih rendah,” kata penasihat kesehatan untuk Love Wellness, Lauren Slayton, RDN seperti dikutip dari Antara.

Lebih jauh, menurut Slayton, sebagian orang memulai hari mereka dengan kopi, sementara yang lain meminumnya ketika membutuhkan energi ekstra, seperti sebelum berolahraga.

“Efek kopi terasa segera setelah meminumnya. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan olahraga atau memiliki pekerjaan penting yang harus dilakukan, saya sarankan untuk minum kopi 30 menit sebelumnya,” kata Slayton.

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.