Kapan Harga PS5 Mulai Turun?

Kinipaham – Bagi kalian yang hendak membeli Playstation atau PS5 namun terhalang dana, mungkin muncul pertanyaan mengenai kapan harga unitnya turun. Hal itu cukup beralasan, sebab banderol PS5 sendiri terbilang cukup mahal.

Karuan saja, Sony menjual PS5 versi standar seharga Rp7,3 jutaan. Sementara untuk Digital Edition dibanderol senilai Rp5,9 jutaan. Lantas, kapan kira-kira harganya mulai turun? Kemungkinan setengah tahun setelah tanggal perilisan.

“Menggunakan data internal, iPrice memprediksi bahwa pada Mei 2021 atau 6 bulan setelah tanggal rilis harga PS5 Digital akan turun menjadi Rp5,6 Juta atau Rp7 Juta untuk versi standar. Ini berarti gamers bisa menghemat hingga Rp400 ribu,” kata iPrice melalui keterangannya, dikutip dari Antara, Kamis 1 Oktober 2020.

Baca juga: Pesanan Membludak, Harga PS5 di eBay Tembus Rp372 Juta

iPrice juga memprediksi, pada November 2021, harganya akan turun lagi hingga Rp6,8 juta untuk versi standar, dan untuk yang versi digital menjadi Rp5,4 juta. Perbandingan harga ini didasarkan pada perhitungan harga PS4 Pro dari database iPrice.

Jika diperhatikan trennya, kemungkinan besar rataan penurunannya bisa mencapai 1-6 persen dalam waktu enam bulan. Dalam waktu 12 bulan, penurunannya bahkan bisa sampai 6-8 persen jika melihat data yang tersedia.

Di Singapura, penurunan harga PS5 setelah 12 bulan bisa hingga 8 persen. Di Indonesia hanya menyentuh angka 6 persen dari sejak rilis. Seandainya kalian mau menunggu penurunan harga resmi dari laman Sony, iPrice mengakumulasi harga PlayStation 4 turun hingga 15 persen sejak dua tahun dari tanggal rilisnya.

Hal itu membuktikan, bahwa penurunan harga untuk produk elektronik sudah lumrah terjadi. Nah, untuk mendapatkannya, kita harus sabar menunggu paling tidak enam bulan atau bahkan dua tahun, tergantung seberapa besar antusiasme konsumen terhadap konsol game tersebut. (Antara)

Copy

Advertise