Kalahkan Tokopedia, Shopee Jadi Marketplace Teratas di Indonesia

KinipahamShopee makin membuktikan diri sebagai marketplace atau ruang belanja daring terbaik di Indonesia. Sebab, pada paruh pertama 2021, yakni mulai Januari hingga Juni, total unduhan dan pengguna aplikasi mereka menjadi yang tertinggi, bahkan mengalahkan pesaing kuat lainnya.

Melalui data yang dihimpun Similarweb, dikutip Kinipaham, Sabtu 9 Oktober 2021, selama Agustus lalu ada 126,9 juta kunjungan melalui website Shopee, sementara 834,52 juta melalui aplikasi. Jika ditotal, ada 961,51 juta kunjungan selama bulan tersebut.

Akumulasi data tersebut jauh lebih baik dibandingkan Tokopedia di posisi kedua yang hanya mampu menyedot kunjungan sebanyak 392,13 juta kali selama Juni 2021. Meski berbeda bulan, namun menurut laporan Antara, perbedaannya tidak akan terlampau jauh.

Sementara, secara berturut-turut, ada Lazada di peringkat ketiga dengan 377,04 juta kunjungan, Bukalapak di tempat keempat dengan 79,18 juta kunjungan, dan Blibli di posisi kelima dengan 28,7 juta kunjungan.

Perhitungan tersebut merupakan akumulasi sederhana dengan basis paling konservatif, di mana satu unique DAU diasumsikan hanya mengunjungi app e-commerce sekali per hari–meski aslinya bisa jadi lebih besar dari itu karena aktivitas pengguna sama yang berulang di app tersebut.

Faktor Shopee Banyak Dikunjungi

Tingginya angka kunjungan aplikasi di Shopee dapat terlihat dari hasil beragam kampanye hingga diskon untuk meningkatkan penjualan.

Di Indonesia sendiri, jumlah pesanan produk UMKM selama Shopee Super Shopping Day 9.9 meningkat hingga 6 kali lipat dibandingkan hari biasa. Secara global, kegiatan ini mampu mencatatkan rekor pembelian 1,8 juta dalam 1 menit.

Selain itu, sebagai aplikasi e-commerce, Shopee juga menghadirkan ragam promosi melalui berbagai permainan hingga live streaming yang dapat dilakukan di aplikasinya.

Di sisi lain Tokopedia bersama pemain e-commerce lain seperti Lazada, Blibli dan Bukalapak juga terus berusaha menghadirkan beragam fitur dan layanan yang dapat menarik pengguna. Persaingan bisnis e-commerce di Indonesia memacu para pemainnya untuk terus menyediakan fasilitas terbaik bagi pengguna.

Copy

Advertise