Kaget, Cegah Corona Bisa Dilakukan dengan Bersihkan Ponsel

Kinipaham – Hingga hari ini, sudah ada empat kasus masyarakat Indonesia yang terpapar corona. Usai kabar tersebut, terjadi histeria massa yang dibuktikan dengan langkanya masker dan cairan pembersih tangan di berbagai toko dan juga apotek. Selain langka, keberadaan masker dan cairan pembersih tangan ini juga dijual dengan harga berkali-kali lipat lebih mahal.

Penggunaan masker untuk mencegah corona ternyata tidak efektif. Dilansir dari Time.com, masker ternyata tidak akan menghentikan pemakainya menghirup partikel udara kecil yang dapat menyebabkan infeksi. Masker ini juga tidak membentuk segel yang pas di sekitar wajah.

Baca juga: Menkes Terawan: Tak Semua Kontak Tubuh Sebabkan Penularan Corona

Bahkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan masker hanya untuk orang-orang yang sudah menunjukkan gejala sakit dan harus pergi ke luar rumah lantaran masker bisa membantu mencegah penyebaran virus dengan melindungi orang lain di dekatnya ketika batuk atau bersin.

Salah satu pencegahan corona yang lebih efektif dibanding menggunakan masker adalah mencuci tangan menggunakan sabun setidaknya selama 20 detik. Bisa juga menggunakan cairan pembersih tangan yang memiliki kandungan alkohol minimal 70%.

Selain mencuci tangan, ternyata ada cara lain yang bisa memerangi corona dibandingkan dengan menggunakan masker. Dilansir dari Businessinsider, membersihkan ponsel ternyata lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan masker.

Hal ini diutarakan oleh Kenneth Mak yang merupakan direktur pelayanan medis Kementrian Kesehatan Singapura. The Straits Times mengutipnya dengan mengatakan, “Waspadai hal-hal yang biasa Anda sentuh. Hal yang paling sering disentuh adalah ponsel Anda, jadi mengenakan masker bukanlah hal yang paling penting.”

Berbagai penelitian ilmiah telah menemukan bahwa gadget terutama ponsel mengandung lebih banyak kuman daripada kursi toilet. Bahkan ponsel disebut sebagai barang-barang paling kotor yang dimiliki seseorang lantaran sering digenggam. Belum lagi fakta bahwa banyak orang yang membawa ponsel mereka ketika ke toilet.

Lebih buruk lagi, ponsel juga kerap kali berdekatan dengan mata, hidung dan bibir. Seperti yang diketahui, bagian-bagian tubuh tersebut merupakan poin utama dimana virus corona menginfeksi tubuh manusia.

Baca juga: Cara Mudah Tingkatkan Imun Tubuh Supaya ‘Kebal’ dari Corona

Menurut sebuah studi tahun 2018 oleh empat peneliti dari Massachusetts Institute of Technology, membersihkan ponsel dengan perangkat pembersih UV smartphone adalah metode paling efektif untuk membunuh kuman. Menggunakan larutan alkohol juga efektif, berdasarkan penelitian yang sama. Celah antara ponsel dan pelindung ponsel mengandung lebih banyak bakteri daripada layar.

Ahli mikrobiologi Charles Gerba mengatakan kepada Health bahwa larutan alkohol ini dapat dibuat di rumah dengan menggabungkan air (60 persen) dan alkohol gosok (40 persen), kemudian menyeka ponsel dengan kain mikrofiber, kapas, atau kapas yang dibasahi dengan sedikit campuran.

Baik Gerba dan CNet mengatakan untuk menghindari penyemprotan larutan alkohol secara langsung di ponsel atau menggunakan tisu antibakteri di layar, karena ini bisa menghilangkan lapisan anti air dan minyak. Tisu antibakteri juga bisa digunakan untuk membersihkan pelindung ponsel.

Copy

Advertise