Kabar Baik buat Kaum Jetset, 14 Negara Eropa Kembali Dibuka untuk Turis

Kinipaham – Pandemi corona membuat ekonomi di Eropa terguncang, termasuk di sektor pariwisata. Namun, bagi kalian yang ingin berlibur ke benua biru, jangan khawatir. Sebab, menurut Reuters, dalam waktu dekat ada 14 negara di kawasan tersebut yang bakal kembali membuka pintunya.

Lantas, negara apa saja gerangan? Berikut daftar lengkapnya:

  1. Jerman

Jerman akan mengangkat ‘Travel Ban’ dari negara-negara European Union termasuk Inggris, Swiss, Norwegia, Islandia, dan Lechtenstein pada 15 Juni 2020.

  1. Italia

Setelah sebelumnya menjalankan lockdown paling lama dan paling ketat, Italia akhirnya membuka perbatasannya lagi untuk warga negara Eropa pada 3 Juni 2020. Sementara untuk turis dari luar Eropa akan mulai diperbolehkan masuk ke Italia pada 21 Juni 2020 mendatang.

  1. Spanyol

Spanyol dijadwalkan akan membuka diri kepada para pelancong internasional pada 1 Juli 2020. Spanyol berharap bisa membuka lebih awal agar para turis dari negara ‘low-risk’ Covid-19 bisa menikmati musim panas di Spanyol. Selain itu, status tanggap darurat akan mulai diangkat pada 21 Juni 2020.

  1. Inggris

Berbeda dengan ketiga negara sebelumnya, Inggris masih belum terbuka secara penuh. Tetapi akan mengizinkan pendatang dari semua negara untuk berkunjung ke kerjaan Ratu Elizabeth dengan syarat harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

  1. Perancis

Perancis akan membuka diri kepada negara Uni Eropa pada 15 Juni 2020 mendatang, Perancis sebelumnya telah secara lantang ingin membuka diri agar roda perekonomian berjalan kembali. Perancis mengatakan dirinya akan melakukan karantina pengunjung dari negara beresiko bila memang diperlukan.

  1. Yunani

Penerbangan internasional ke Athena dan Thessaloniki akan kembali dibuka pada 15 Juni 2020. Pengunjung yang datang dari negara beresiko akan diwajibkan melakukan rapid tes, bila hasil tes positif maka akan dikarantina selama 14 hari, sementara mereka yang negatif diwajibkan untuk mengisolasi diri selama seminggu.

  1. Austria

Austria akan membuka semua pembatasan perbatasan yang berlaku selama karantina pada 4 April 2020. Pengunjung yang datang diperbolehkan masuk kecuali Itali, menimbang Itali adalah episentrum penyebaran Covid-19 di Eropa.

  1. Cyprus

Cyprus akan memperbolehkan turis asal Jerman, Yunani, dan beberapa negara lain untuk berkunjung ke negaranya pada 9 Juni 2020 dengan syarat bisa menunjukan surat sehat dan telah mengikuti tes Covid-19 tiga hari sebelum berkunjung.

Kemudian syarat surat sehat akan diangkat pada 20 Juni 2020. Tetapi ada pengecualian untuk pengunjung dari Inggris dan Russia, pengunjung dari kedua negara ini masih tidak diperbolehkan untuk masuk Cyprus sampai waktu yang tidak dapat ditentukan.

  1. Portugal

Semua pengunjung dari negara Eropa diperbolehkan masuk tanpa syarat kecuali dari negara Spanyol dan Italia.

  1. Belanda

Semua pengunjung dari negara anggota European Union diperbolehkan masuk tanpa terkecuali. Tetapi pengunjung dari luar Eropa masih tidak diperbolehkan masuk hingga 15 Juni 2020.

  1. Kroasia

Korasia telah membuka perbatasanya untuk Jerman dan sembilan negara lainnya yang didominasi oleh negara Eropa Timur. Pengunjung dari negara anggota European Union lainnya bisa masuk bila memiliki alasan yang kuat.

  1. Bulgaria

Semua warga negara Eropa bisa masuk dengan bebas kecuali negara yang beresiko tinggi seperti Ingrris, Spanyol, dan Italia. Pengunjung dari ketiga negara itu perlu melakukan karantina selama 14 hari jika ingin masuk ke Bulgaria.

  1. Republik Ceko

Republik Ceko akan membuka perbatasan secara penuh terhadap 20 negara Eropa pada 15 Juni 2020. Pengunjung dari negara yang beresiko tinggi seperti Inggris, Perancis, Italia, Belanda, dan Spanyol harus melakukan tes atau karantina bila ingin masuk.

  1. Hungaria

Hungaria akan mengangkat status tanggap darurat pada 20 Juni 2020. Saat ini hanya pengunjung dari negara yang berbatasan langsung dengan Bulgaria yang diperbolehkan masuk.

Copy

Advertise