Dugaan Ilmuwan soal Bagaimana Wujud Alien Sesungguhnya

Kinipaham – Sejauh ini, kita mengira wujud alien mungkin menyerupai manusia, yakni memiliki wajah lengkap dengan mata, hidung, mulut, dan telinga. Bahkan, melalui sejumlah film, tubuh mereka digambarkan sama seperti kita, yakni berkaki dan bertangan dua. Padahal, kenyataannya mungkin tidak seperti itu.

Pakar Biologi di Universitas Oxford Inggris, Samuel Levin mengatakan, organ mata yang terdapat di kepala manusia berasal dari proses evolusi yang terjadi di Bumi. Seandainya alien berasal dari planet lain, besar kemungkinan wujudnya bakal berbeda sekali dengan manusia.

“Misalnya, organ mata telah berevolusi beberapa kali pada makhluk di Bumi, jadi kita mungkin berpikir bahwa alien juga memiliki mata. Masalahnya adalah spesies yang berbeda di Bumi bukanlah contoh independen, karena mereka semua berasal dari satu kesatuan leluhur,” ujar Levin, dikutip Sabtu 14 Agustus 2021.

Baca juga: Obama: Kalau Alien Terbukti Ada, Pasti Muncul Agama Baru

Ilustrasi Alien. Foto: BBC..
Ilustrasi Alien. Foto: BBC..

Lebih jauh, dia memastikan, organ penglihatan alien mungkin berbeda jauh dengan manusia. Bahkan, jika benar-benar ada, bisa saja mereka melihat bukan melalui mata.

“Semua kehidupan di Bumi berhubungan. Mata mungkin umum di planet yang terang seperti bumi, namun tidak di planet yang gelap. Mata mungkin umum dalam kehidupan berbasis DNA, namun tidak demikian pada kehidupan lainnya,” terangnya.

Dampak yang Terjadi Andai Alien Hidup di Bumi

Baru-baru ini, saat menghadiri podcast New York Times, mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengaku percaya-tak percaya dengan keberadaan alien di semesta raya. Meski demikian, dia memastikan, jika itu memang ada, maka konstelasi dunia—baik secara peradaban maupun sosial akan berubah total.

Perubahan besar yang dia maksud, yakni terkait kemungkinan seruan peningkatan anggaran pertahanan hingga munculnya agama baru. Namun, Obama menekankan, keberadaan alien tidak akan mengubah cara pandangnya terhadap kehidupan.

“Menarik. Itu tidak akan mengubah politik saya sama sekali. Karena seluruh politik saya didasarkan pada fakta bahwa kita adalah organisme kecil di titik kecil yang mengambang di tengah angkasa.”

“Tapi tidak diragukan lagi akan ada argumen langsung tentang seperti, yah, kita perlu menghabiskan lebih banyak uang untuk sistem senjata untuk membela diri, agama-agama baru akan bermunculan,” kata Obama.

Copy

Advertise