Jika Tak Ada Kematian, Berapa Populasi Manusia di Bumi Saat Ini?

Kinipaham – Dari sejumlah misteri dunia, ada satu pertanyaan yang kerap kali membuat kita penasaran: jika kematian tidak ada, berapa populasi manusia di bumi saat ini?

Dilansir dari Worldatlas, Selasa 6 April 2021, penambahan jumlah manusia di bumi saat ini diketahui lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, selain pengobatan yang sudah semakin maju, proses kelahiran manusia juga sudah kian aman. Sehingga, potensi kematian bisa lebih ditekan.

Baca juga: Apa Jadinya kalau Manusia Tinggal di Mars?

Bukan hanya itu, berhasil ditemukannya vaksin cacar pada puluhan tahun lalu juga memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan jumlah manusia di bumi. Sebab, sebelum adanya vaksinasi, penyakit tersebut telah membunuh setidaknya 300 juta manusia.

Hingga awal 2021, jumlah penduduk bumi terhitung ada 7,7 miliar. Lantas, sekali lagi, seandainya kematian tak pernah ada dan manusia bisa hidup abadi, berapa jumlah manusia yang menghuni planet ini?

Sebelum menjawab itu, penelitian menyebutkan bahwa umur manusia rata-rata adalah sekitar 79 tahun, dan ini menandakan bahwa setiap 100 tahun satu generasi meninggal, sementara yang lain lahir.

Kehidupan di bumi diperkirakan sudah ada sejak 50 ribu tahun lalu. Berkat fakta tersebut, Biro Referensi Kependudukan Dunia memperkirakan, ada sekira 108,2 miliar orang telah lahir di bumi.

Angka tersebut tentu sangat mengejutkan. Sebab, hal itu membuktikan, bahwa jumlah orang yang sudah meninggal 14 kali lebih banyak dari jumlah orang yang hidup saat ini.

Manusia selama bertahun-tahun telah melalui berbagai macam peristiwa yang mengakibat penambahan dan pengurangan populasi bumi, tergantung dari berbagai faktor yang terjadi di waktu tertentu dalam sejarah peradaban. (Hane)

Copy

Advertise