Jeruk Hingga Bayam, Ini Deretan Makanan yang Diklaim Bisa Tangkal Corona

Kinipaham – Virus corona atau Covid-19 makin mengkhawatirkan sekarang ini. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh memang sangat penting dalam menangkal beragam virus yang masuk ke tubuh termasuk juga corona.

Upaya yang bisa dilakukan demi memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Dilansir dari Healthline.com, inilah deretan makanan yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Jeruk

Sudah banyak yang tahu bahwa buah jeruk kaya akan vitamin C. Vitamin C memang bagus bagi kekebalan tubuh karena bisa meningkatkan produksi sel darah putih. Ini adalah kunci untuk memerangi infeksi.

Paprika Merah

Selain buah jeruk, paprika merah ternyata juga banyak mengandung vitamin C. Jumlahnya dua kali lebih banyak dibandingkan jeruk. Tidak hanya itu, paprika merah juga kaya akan beta karoten. Beta karoten membantu menjaga kesehatan mata dan kulit.

Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin dan mineral. Tepatnya vitamin A, C, dan E, serta banyak antioksidan dan serat lainnya. Brokoli adalah salah satu sayuran tersehat. Kunci untuk mempertahankan kandungan vitaminnya adalah memasaknya sebentar saja, tidak perlu lama.

Bawang putih

Bawang putih ditemukan di hampir setiap masakan di dunia. Peradaban awal di dunia bahkan sudah mengakui kandungannya dalam memerangi infeksi.

Menurut National Center for Complementary dan Integrative HealthTrusted Source, bawang putih juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah. Sifat meningkatkan kekebalan bawang putih tampaknya berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, seperti allicin.

Jahe

Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit radang lainnya. Jahe juga dapat membantu mengurangi mual.

Jahe juga sering digunakan dalam banyak makanan penutup yang  manis, jamu dan minuman jahe panas. Jahe dapat membantu mengurangi rasa sakit kronis dan memiliki sifat penurun kolesterol, menurut penelitian terbaru.

Bayam

Bayam tidak hanya mengandung vitamin C, tetapi juga kaya akan antioksidan dan beta karoten. Kandungan inilah yang bisa meningkatkan kemampuan melawan infeksi. Mirip dengan brokoli, bayam merupakan sayuran yang harus dimasak dalam waktu yang sebentar saja demi mempertahankan nutrisi.

Yoghurt

Yoghurt mengandung senyawa aktif, tepatnya adalah kandungan bakteri baik. Kandungan inilah yang bisa merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan penyakit. Cobalah untuk mengonsumsi yogurt tawan atau yoghurt plain daripada yoghurt dengan rasa yang sarat akan gula. Kamu juga bisa menambah rasa manis dengan buah-buahan dan madu.

Yoghurt juga dapat menjadi sumber vitamin D. Vitamin D membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan dianggap meningkatkan pertahanan alami tubuh kita terhadap penyakit.

Almond

Ketika ingin mencegah dan melawan pilek, vitamin E cenderung mendampingi vitamin C. Namun, vitamin E adalah kunci untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Vitamin E larut dalam lemak, artinya membutuhkan kehadiran lemak untuk diserap dengan benar. Kacang-kacangan, seperti almond, mengandung vitamin dan lemak sehat. Satu porsi setengah cangkir, yaitu sekitar 46 almond utuh yang dikupas, menyediakan hampir 100 persen dari jumlah vitamin E harian yang disarankan

 

Copy

Advertise